Selama Ramadhan, Hiburan Malam di Samarinda Tutup

Selasa, 23 Mei 2017 | 10:20       Dibaca 442 kali


SAMARINDA (lnmas-Kemenag)-- Wali Kota Samarinda resmi mengeluarkan surat keputusan terkait penutupan tempat hiburan malam selama bulan suci ramadan. Bahkan keputusan itu dipercepat sebelum ramadan.

"Penutupan tahun ini sengaja ditetapkan mendahului kepastian awal ramadan agar edaran pemberitahuan bisa segera disampaikan sehingga tidak ada alasan dalam pelanggaran," ucap Wakil Wali Kota Samarinda Nusyirwan Ismail, Senin,(03/04) sesuai dengan notulen Rapat.

Agar surat keputusan ini bisa segera diketehaui pengelola tempat hiburan malam, Pemkot Samarinda sudah mengirimkan sejak tanggal 22 Juni 2017. Sehingga tidak ada alasan lagi dan sanksi bisa diberikan jika tetap buka.

"Sengaja kita berikan jauh hari, mendahului ketetapan pemerintah soal penetapan awal puasa agar bisa dilaksanakan dan patuh terhadap keputusan ini," katanya.

Jika ada yang nekad melanggar, kata Nusyirwan, pihaknya tidak segan memberikan sanksi. Pemkot Samarinda akan mengintensifkan kinerja Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu (BP2TSP) untuk melakukan pengawasan dan memanggil pihak yang melanggar.

Sanksi pencabutan ijin usaha bisa saja diberikan. "Beri ketegasan jangan sampai melakukan pelanggaran kembali dan efektifkan pengawasan," tegasnya.

Dalam surat keputusan Wali Kota tentang penutupan  ini, jenis penutupan yang akan dilakukan meliputi lokalisasi, kafe, bar, pub, diskotik, karaoke dewasa dan keluarga, panti pijat, spa dan mandi uap (sauna), semua tempat penjualan miras dan rumah biliar.

Kecuali bagi rumah makan agar tidak secara transparan membuka tempat layanan, refleksi dengan ruang pelayanan terbuka atau dapat terlihat. Sementara rumah biliar yang diperbolehkan beroperasi adalah yang direkomendasikan Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Samarinda,  Sedangkan untuk tempat hiburan umum dan sejenisnya akan diatur waktu operasinya. Untuk bioskop, arena bermain ketangkasan mesin, warnet  buka pukul 10.00 Wita hingga 17.00 Wita. Khusus untuk Bioskop dan Warnet, boleh buka hingga pukul  22.00 Wita. (H@N)