Seksi Pendis Gelar Rakor Pembinaan Keuangan Dana BOS/BOP

Selasa, 23 Mei 2017 | 22:57       Dibaca 113 kali

Arahan dari Kakankemenag Bontang dan Kasi Pendis

Bontang (Inmas)- Seksi Pendidikan Islam (Pendis) pada Selasa (23/5) menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Pembinaan Keuangan Dana  Bantuan Operasional Sekolah (BOS)/Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) Tahun 2017 di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Bontang, Jalan Kapten Piere Tendean No.20 B, Bontang Kuala.

Dengan tema 'Kita Tingkatkan Pengelolaan Dana BOS dan BOP yang Akuntabel, Efisien dan Transparan', sasaran kegiatan ini adalah bendahara pengelola dan bantuan pada RA/Madrasah.

Dana BOS untuk madrasah tahap I sendiri telah dicairkan oleh Seksi Pendis sesuai juknis yang ada. Rencananya dana BOP untuk RA dalam waktu dekat akan juga akan segera dicairkan. Hal ini disebutkan oleh Kepala Seksi Pendis, H Tasnim Muin saat menyampaikan laporannya.

"Sesuai anggaran tahun ini, sebanyak 159 siswa penerima dana BOS dengan jumlah Rp. 798.200.000,- akan kami salurkan dengan rincian tingkat MI akan mendapat Rp. 800.000,- per siswa, MTs mendapat Rp. 1.000.000,- dan MA akan mendapat Rp. 1.400.000,-. Untuk tahap II rencananya akan dicairkan pada Bulan Juli-Agustus mendatang," Jelasnya.

Sementara itu untuk dana BOP akan dicairkan sekaligus kepada 732 siswa yang ada pada 10 RA dari total 11 RA yang ada di Kota Bontang dimana rinciannya adalah setiap siswa akan menerima Rp. 300.000,- sehingga total dana yang akan disalurkan adalah sebesar Rp. 219.900.000,-. Sebanyak 63 siswa RA Al Amin Muhammad akan dicairkan oleh Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Kaltim.

Dana bantuan tersebut nantinya akan dikelola oleh masing-masing RA/Madrasah dan wajib membuat laporan penggunaan kepada Kantor Kementerian Agama Kota Bontang. Melalui kegiatan ini diharapkan bendahara RA/Madrasah dapat mengelola dana bantuan dengan baik dan benar.

Kepala Kankemenag Kota Bontang, H Sulaiman, dalam sambutannya sebelum membuka secara resmi kegiatan mengucapkan bahwa saat ini perkembangan pendidikan pada RA/Madrasah semakin meningkat dengan baik dari tahun ke tahun. Hal ini menjadi bukti madrasah tidak kalah dengan sekolah umum lainnya. Sudah tentu peningkatan kualitas harus diikuti dengan kuantitas siswa yang juga meningkat karena hal tersebut akan mempengaruhi besaran dana bantuan yang akan diberikan.

"Dana bantuan keuangan dari pemerintah perlu dipertanggung jawabkan dengan baik sesuai aturan, juknis, regulasi yang ada secara baik, tepat dan akurat. Gunakan aplikasi keuangan yang tersedia untuk memudahkan dalam penyusunan laporan. Kami akan melakukan monev secara rutin setiap bulannya untuk memeriksa sekaligus membantu RA/Madrasah yang mengalami kesulitan dalam menyusun laporan," Tambahnya.

"Terakhir saya merasa bangga atas prestasi yang diraih oleh siswa RA/Madrasah. Untuk itu saya menghimbau kepada RA/Madrasah agar terus menggali potensi dan bakat dengan baik melalui pemberian motivasi. Tidak hanya di bidang agama tetapi juga bidang lainnya seperti olahraga, kesenian maupun ilmu sains," Tutupnya. (scl)


Baca Juga

Selasa, 23 Mei 2017 | 22:57

Sosialisasi Juknis BOP di Kemenag Bontang


Selasa, 23 Mei 2017 | 22:57

Pendis Gelar Pertemuan Ekspose Monev BOS/BOP


Selasa, 23 Mei 2017 | 22:57

Ekspose Monev BOS dan BOP RA dan Madrasah


Berita Terpopuler

Kamis, 01 Pebruari 2018 | 06:57

MTs Negeri Borong Prestasi di Smaridasa IW 2018