Kepala KUA Penajam Hadiri Sosialisasi FKDM

Thursday, 13 Jul 2017, 01:19       Dibaca 18 kali

Sosialisasi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) di Kecamatan Penajam

Penajam Paser Utara (Inmas) - Kantor Camat Penajam melaksanakan sosialisasi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) di wilayah Kecamatan Penajam, Rabu (12/7) bertempat di aula Kantor Camat Penajam. Hadir sebagai pembicara dalam kegiatan itu Kantor Kesbangpol, Kajari PPU, Koramil PPU, dan Kabid Intel.

Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) adalah wadah bagi elemen masyarakat yang dibentuk dalam rangka menjaga dan memelihara kewaspadaan dini masyarakat. Kewaspadaan dini masyarakat adalah kondisi kepekaan, kesiagaan dan antisipasi masyarakat dalam menghadapi potensi dan indikasi timbulnya bencana, baik bencana perang, bencana alam, maupun bencana karena ulah manusia.

Camat Penajam dalam sambutannya yang diwakili oleh Sekretaris Camat mengatakan sosialisasi bertujuan membina dan memelihara ketenteraman, ketertiban dan perlindungan masyarakat dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana, baik bencana perang, bencana alam maupun bencana karena ulah manusia di kecamatan.

Selanjutnya mengoordinasikan kepala desa/lurah dalam penyelenggaraan kewaspadaan dini masyarakat. Mengoordinasikan kegiatan instansi di tingkat kecamatan dalam penyelenggaraan kewaspadaan dini masyarakat, dan mengoordinasikan tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda, anggota Satlinmas, anggota Polmas dan elemen masyarakat Iainnya dalam kegiatan di bidang ketenteraman, ketertiban dan perlindungan masyarakat, dengan meningkatkan kewaspadaan dini masyarakat di wilayah kecamatan.

Termasuk didalamnya mendeteksi oknum, orang-orang asing yang berdomisili diwilayah kelurahan/desa, aliran-aliran radikal, sesat, dan hal-hal yang dapat memecah belah umat, bangsa, dan negara.

Hadir mengikuti sosialisasi FKDM yang berlangsung sehari Kepala KUA Kecamatan Penajam H. Uriansyah, S.Ag. Peserta lainnya turut mengikuti sosialisasi dari kelurahan dan desa, para Lurah dan Kades, tokoh masyarakat, ulama, tokoh adat, serta tokoh pemuda.

Kepala KUA Penajam H.Uriansyah usai mengikuti kegiatan tersebut mengatakan peran FKDM menjadi sangat penting, artinya apabila tugas dan pekerjaan FKDM tersebut dapat berjalan dengan baik dan ditindaklanjuti oleh pemerintah, maka hal tersebut dapat mencegah terjadinya ancaman keamanan maupun bencana, sehingga dapat menyelamatkan masyarakat atau paling tidak, ancaman maupun bencana tersebut dapat diantisipasi dan diminimalisir, sehingga tidak menimbulkan kerugian yang lebih besar. (ur/basz)