Kepala KUA Kuaro Pimpin Bimbingan Pelaksanaan Fardu Kifayah

Kamis, 13 Juli 2017 | 16:25       Dibaca 42 kali


Paser (Inmas) - Setiap muslim memiliki kewajiban terhadap  saudaranya muslim yang meninggal dunia. Kewajiban yang harus segera dilaksanakan adalah mengurus jenazahnya dan mengurus harta peninggalannya. Kewajiban ini bersifat kolektif karena itu dimasukkan sebagai suatu jenis ibadah yang hukumnya fardu kifayah, artinya kewajiban bagi seluruh umat muslim, tetapi apabila sudah dilaksanakan oleh beberapa orang yang melaksanakannya, maka gugurlah kewajiban itu bagi seluruh umat muslim. Kewajiban-kewajiban terhadap orang yang meninggal adalah memandikan, mengkafani, menyalatkan, dan menguburkannya.

Untuk memberikan pemahaman tersebut kepada masyarakat khususnya di Desa Rangan, Kamis (13/7), Kantor Desa Rangan menggelar bimbingan pelatihan fardhu kifayah pengurusan jenazah. Hadir langsung memberikan materi bimbingan dan praktek H. Ahmad Jazuli, S.Ag selaku Kepala KUA Kecamatan Kuaro yang di dampingi Ratiyan yang menjabat sebagai Kepala Desa Rangan. Sedangkan peserta yang mengikuti bimbingan pelatihan fardhu kifayah kali ini ialah perwaklian setiap RT yang berada di Desa Rangan.

Dalam arahannya mengawali kegiatan ini H. Ahmad Jazuli, S.Ag menjelaskan pentingnya mengetahui apa yang menjadi kewajiban seorang muslim kepada muslim lainnya, dalam hal ini salah satunya ialah kewajiban fardhu kifayah pengurusan jenazah. Semua  tata cara pengurusan jenazah beliau jabarkan dengan jelas dan tak lupa beliau mempersilahkan para peserta bertanya langsung jika di rasa ada materi yang masih belum dapat di pahami.

Kebetulan setelah semua materi dan praktek telah di berikan, di masjid Desa Rangan ada salah satu jenazah warga yang akan di sholatkan. Jadi pelatihan sholat jenazah yang di lakukan sebelumnya bisa langsung di praktekkan. (iqb/rs)


Baca Juga

Berita Terpopuler

Minggu, 17 September 2017 | 04:32

Story Telling MTsN Raih Juara 1 & 3 ELC 2017 Unmul


Jumat, 08 September 2017 | 09:27

Jamaah Haji Kloter 1 Telah Tiba di Balikpapan