Kakanwil : Kompetensi Spritual Induk Segala Kompetensi

Friday, 14 Jul 2017, 15:40       Dibaca 23 kali

Kakanwil Saifi Membuka Kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru PAI pada Sekolah Dasar Angkatan 5 di Hotel Grand Tjokro Balikpapan

Balikpapan (Inmas-Kwl) – Direktorat Pendididikan Agama Islam Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru (PKG) Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Sekolah Dasar (SD) Angkatan 5 di Hotel Grand Tjokro Balikpapan (13/7).

Acara dibuka Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur Saifi dengan peserta sebanyak 60 orang dengan menghadirkan narasumber nasional yang kompeten di bidangnya.

Kakanwil dalam sambutannya menilai kegiatan ini sangat bagus dalam rangka mengembangkan kompetensi yang sudah ada pada para guru-guru agama.

Dimana tujuan akhir kurikulum 2013 adalah untuk pembangunan karakter siswa, dalam hal ini peran semua guru sangatlah berpengaruh untuk mencapainya, termasuk para guru agama yang pembinaannya tidak lepas dari Kementerian Agama, terangnya.

Kakanwil juga mengajak kepada semua pihak yang berkecimpung dalam bidang pendidikan agar dapat bersama-sama terus memikirkan bagaimana kita dapat memeperdalam setiap kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan professional.

Menurutnya semoga nanti dapat diprogramkan  untuk kegiatan pendalaman peningkatan satu persatu kompetensi tersebut diatas dengan menghadirkan nara sumber yang kompeten.

Selain itu yang terpenting menurut Kakanwil adalah setiap guru harus dapat mengembangkan kompetensi spiritual, karena kompetensi ini merupakan induk kompetensi dari seorang guru agama.

Kompetensi Spritual adalah Induk Segala Kompetensi, ujar nya.

Dalam kompetensi spiritual itu, seperti moral dan akhlaq yang mulia didalamnya, yang mana jika kompetensi ini tidak diterapkan, maka akan dapat melunturkan kompetensi lainnya yang sudah dimilliki, tegasnya.

Selain itu yang ditekankan Kakanwil adalah bagaimana cara mengevaluasi hasil penilaian guru kepada siswa, baik penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik, dan yang diminta setiap guru harus ada menyimpan dokumen-dokumen penilaian yang dapat dijadikan dasar dalam menentukan hasil akhir pemberian nilai kepada siswa.

Dalam kegiatan Kakanwil juga menyerahkan id card dan perlengkapan 10 peserta yang memperoleh nilai terbaik pelaksanaan free test di awal kegiatan.

Hadir pada kegiatan ini Kasubdit PAI Ditjen Pendis beserta jajaran dan Kabid Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kanwil Kemenag Kaltim Samudi.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama tiga hari kedepan hingga tanggal 15 Juli 2017.(rd)


Baca Juga

Friday, 14 Jul 2017, 15:40

Pelepasan Kontingen Pentas PAI Kota Bontang


Berita Terpopuler

Tuesday, 04 Jul 2017, 06:11

PPDB MTsN 1 Balikpapan Terapkan Sistem Online


Thursday, 06 Jul 2017, 00:01

Ratusan Anak Ikuti Khitanan Massal Gratis