Menteri Agama Buka UDG Nasional XIII Di Palembang

Jumat, 14 Juli 2017 | 23:46       Dibaca 57 kali

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin Membuka Utsawa Dharmagita Nasional XIII di Palembang Sumatera Selatan

Palembang (Inmas-Kwl) - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membuka Utsawa Dharmagita (UDG) Nasional ke XIII di di Jakabaring Sport City Palembang, Sumatera Selatan (7/7)..

Menteri Agama dalam sambutannya berharap, UDG ini dapat memotivasi umat Hindu untuk terus menghayati dan mendalami ajaran kitab suci. Menurut Menag, orang tua terdahulu telah mengajarkan cara yang arif dan bijak dalam menjaga dan memelihara nilai nilai agama, yaitu memadukannya dengan seni budaya.

Kegiatan UDG tidak hanya membaca kitab suci saja, melainkan melombakan dari segi seninya. kegiatan ini menjadi inspirasi dan motivasi Hindu dalam mendalami ajaran agama hingga menjadi acuan dalam menjalankan kehidupan di Tanah Air, harap Menag.

Menag menuturkan bahwa budaya menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan umat manusia, sebagaimana agama. Budaya juga ikut menata dan mengatur juga sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan.

Sebelumnya, Ketua Panitia I Wayan Budha yang menjabat Direktur Urusan Agama Hindu Kemenag RI menjelaskan makna dari UDG "Utsawa adalah festival atau nyanyian. Sedangkan Dharma Gita merupakan nyanyian suci. Dengan demikian Utsawa Dharma Gita adalah lomba nyanyian suci keagamaan Hindu.

Dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan Weda dalam memperkokoh karakter bangsa.

Selain itu, menjalankan persepsi tentang Dharmagita, termasuk kearifan lokal dalam membangun peradaban dharma, tambahnya.

Tema UDG tahun ini adalah “Wahana Penguatan Pemahaman, Penghayatan, dan Pengamalan Ajaran Agama Hindu sebagai Wujud Revolusi Mental”. Kegiatan ini diikuti lebih dari 1.511 orang berasal dari 33 provinsi. 

Pembukaan UDG ditandai dengan melesatnya sebuah anak panah yang dilakukan oleh Menteri Agama, acara ini dihadiri Gubernur Sumsel Alex Noerdin, perwakilan Pangdam dan Polri, Ketua Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia, serta para Kepala Kanwil Kemenag Provinsi.

Kakanwil Kemenag Kaltim Saifi saat ditemui usai acara berharap kontingen Kalimantan Timur dapat bersaing dengan peserta provinsi lainnya dan banyak memperoleh prestasi juara pada cabang lomba yang diikuti.

Sementara Pembimas Hindu Anak Agung menyampakan jumlah Peserta Kalimantan Timur sebanyak 33 orang dan mengikuti tujuh cabang lomba. (rd)


Baca Juga

Jumat, 14 Juli 2017 | 23:46

Umat Hindu Bontang Jalani Upacara Saraswati


Berita Terpopuler

Minggu, 17 September 2017 | 04:32

Story Telling MTsN Raih Juara 1 & 3 ELC 2017 Unmul


Jumat, 08 September 2017 | 09:27

Jamaah Haji Kloter 1 Telah Tiba di Balikpapan