PPIH Embarkasi Balikpapan Tahun 2017 Resmi Dilantik

Sabtu, 15 Juli 2017 | 08:14       Dibaca 169 kali

Pelantikan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Balikpapan Tahun 2017

Balikpapan (Inmas-Kwl) - Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kalimantan Timur Meiliana mewakili Gubernur Kalimantan Timur melantik Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Balikpapan Tahun 1438 H / 2017 M di Aula Jabal Rahmah Asrama Haji Balikpapan (14/7).

Berdasarkan keputusan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah nomor 234 Tahun 2017 Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Balikpapan Tahun 1438 H / 2017 M berjumlah 23 orang sebagai ketua adalah Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama rProvinsi Kalimantan Timur Saifi.

Dalam sambutannya gubernur berharap panitia dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik untuk mensukseskan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, dan pelayanan tahun ini agar lebih baik dari tahun sebelumnya.

Indonesia adalah satu negara yang memiliki jumlah jemaah haji terbanyak dari negara lain di dunia, masa tunggu sangat panjang, karena itu diperlukan pembinaan dan penyiapan petugas haji yang handal, sesuai undang-undang nomor 13 tahun 2008.

Embarkasi Balikpapan tahun ini akan memberangkatkan 5.792 jamaah dalam 13 kelompok terbang (kloter) terdiri dari jemaah asal Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara.

Jemaah haji embarkasi Balikpapan tahun ini bertambah 1.508 orang, karena adanya konfigurasi pada seat pesawat, ada  penambahan dari tahun lalu 365 orang dan tahun ini 455 orang dalam setiap kloter, jumlah kloter bertambah dari tahun lalu 12 kloter,.

Beban ppih semakin bertambah, untuk itu PPIH agar dapat memainkan peranan secara maksimal, kerjasama, koordinasi dan komunikasi perlu ditingkatkan terutama antar sesama PPIH, pintanya.

Gubernur menginginkan adanya prinsip kerja panitia, pertama, memberikan pelayanan dan memuliakan tamu-tamu allah, karena itu tempatkan pelayanan yang diberikan sebagai ibadah dengan dan niatkan berkerja dengan ikhlas, sehingga pelayanan lebih bermakna dan bekerja sungguh-sungguh agar tidak mengecewakan jemaah haji.

Kedua, siapkan seluruh sarana dan prasarana yang ada di asrama haji dan pendukung lainnya seperti listrik, air bersih, telpon, kebersihan dan ketertiban serta keamaanan di asrama haji.

Ketiga, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Asrama Haji Balikpapan agar dapat mengelola, merawat dan memelihara serta mengembangkan asrama haji agar ke depan lebih baik lagi, karena adanya pembangunan dari sumber dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Keempat, tingkatkan koordinasikan pelaksanaan tugas pelayanan sejak jamaah tiba di asrama haji, sampai menuju bandara, baik pada fase pemberangkatan hingga pemulangan.

Berkaitan pelaksanaan meal  test, gubernur berharap agar matrik yang telah ditetapkan PT. Garuda Indonesia, dalam pelayanan makan dan minum kepada jemaah di pesawat.

Diantaranya kecukupan gizi sesuai standar yang ditetapkan mengandug vitamin, mineral dan karbohitrat.

Makanan dapat diserap tubuh sebagai sumber tenaga, tidak cepat basi, layanan yang ramah dan tampilan yang baik.

Hadir pada kegiatan ini Sekretaris Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Khasan Fauzi, Pimpinan PT. Garuda Indonesia Cabang Balikpapan, Perwakilan dari Polda Kalimantan Timur dan undangan lainnya.

Usai pelantikan dilakukan pengecekan makanan dan minuman yang disediakan PT. Garuda Indonesia selaku maskapai yang akan membawa jemaah haji embarkasi Balikpapan. (rd)


Baca Juga

Berita Terpopuler

Rabu, 02 Agustus 2017 | 11:08

127 JCH PPU Resmi Dilepas Bupati Yusran Aspar


Selasa, 01 Agustus 2017 | 11:06

MAN Insan Cendekia Paser Menuju Madrasah Riset


Senin, 14 Agustus 2017 | 06:14

Kaltim Bawa Pulang 4 Medali KSM-Aksioma