Tas koper Jamaah Harus Terkumpul Mulai 26 juli

Monday, 17 Jul 2017, 07:34       Dibaca 12 kali

Dua Pegawai Kemenag, Nanang dan M.Sazali ikut membagikan tas koper kepada seluruh jamaah haji Kubar

Kutai Barat(Inmas)-Tas koper Jamaah  haji 1438 H harus terkumpul mulai tanggal 26 hingga tanggal 28 juli 2017 mendatang. Pernyataan ini ditegaskan Kakankemenag Kubar H.Muhammad Isnaini,S.Ag,M.Pd di hadapan seluruh jamaah haji, saat mengikuti manasik  massal di masjid Al Muttaqin Islamic  Center (14/7).

Berdasar keterangan yang di berikan unit pelayanan bandar udara (UPBU) Melalan Kutai Barat, tas koper  penumpang tidak boleh melebihi berat 32 Kg.

Tas  yang terkumpul di kantor Kemenag berikutnya akan dilakukan penimbangan. Bagi yang ketahuan lebih dari beban yang ditetapkan akan dilakukan pengurangan beban. Peraturan  berikutnya tas yang telah diserahkan diharap kuncinya bisa diserahkan kepada pegawai Kemenag. Hal ini untuk mempermudah pemeriksaan isi dalam tas tersebut. Hingga waktu berangkat, kunci tersebut baru di serahkan kepada masing-masing jamaah. berdasar jadwal jamaah haji Kubar di berangkatkan dari Melak tanggal 31 Juli mendatang.

Sementara itu UPBU Melalan menyarankan,  pemberian jaring pengaman pada tas koper sebaiknya memiliki warna serupa dengan tas koper tersebut. Tas jamaah haji tahun ini  pemerintah menetapkan dengan warna Orange.

Tas koper  beserta tas jinjing dan tas paspor telah di serahkan kepada seratus jamaah Kubar saat manasik massal tingkat kabupaten Kubar minggu kemarin.

Tas jinjing diperbolehkan memuat barang tidak lebih dari  7 Kg, sedangkan tas paspor diperuntukkan untuk dokumen penting seperti paspor dan buku hijau berisi catatan penting kesehatan dari dinas kesehatan.

Staf UPBU menambahkan catatan penting, penumpang pesawat tidak diperbolehkan membawa barang bawaan dengan bahan dasar gas. Terlebih lagi bahan cairan dalam botol tidak boleh melebihi 100 mililiter.  Selain itu dalam kondisi terbang tidak diperkenankan menyalakan HP, dikhawatirkan sinyal telepon seluler bisa mengganggu navigasi penerbangan. (ed)