Gerakan Nikah Sehat di KUA Kecamatan Bontang Utara

Kamis, 31 Agustus 2017 | 15:04       Dibaca 97 kali

Kepala KUA Bontang Utara saat menyampaikan materi

Bontang (Inmas)- Memberikan bimbingan kepada pasangan yang akan melangsungkan pernikahan sudah menjadi program rutin di Kantor Urusan Agama (KUA) termasuk Kecamatan Bontang Utara. Dengan mengusung tema 'Gerakan Nikah Sehat', Rabu (30/8) di ruang Balai Nikah KUA, Jalan Keladi Nomor 12, Kelurahan Gunung Elai, digelar kegiatan Kursus Calon Pengantin Angkatan 8 Periode Bulan Agustus 2017.

Bekerja sama dengan Puskesmas Bontang 1 dan 2, peserta akan dibimbing dengan materi yang berisi seputar bagaimana menjaga dan memelihara hubungan pernikahan agar saat mereka mengarungi mahligai rumah tangga bisa berjalan langgeng hingga masa tua.

Kepala KUA Bontang Utara, Suda'i, yang juga selaku nara sumber memberikan materi tentang Peraturan Per Undang-Undangan Perkawinan yang meliputi UU Perkawinan dan Kompilasi Hukum Islam. "Materi ini disampaikan agar masing-masing pasangan mengetahui hak dan kewajiban mereka serta bagaimana perkawinan itu di dalam pandangan Agama Islam," jelasnya.

Sedikit berbeda dalam kegiatan kali ini adalah saat pemateri dari Puskesmas Bontang Utara 1, Nurlina dan Suryani, menyampaikan meteri tentang kesehatan reproduksi, keluarga berencana, dan gizi keluarga ada diselipkan Senam Otak. Adapun kegunaannya adalah untuk memberikan penyegaran/relaksasi agar peserta bisa selalu dalam keadaan fokus.

Turut membantu sebagai nara sumber dalam kegiatan adalah Tenaga Penyuluh Agama Islam (PAI) Non PNS, Evi Noor Susanti, yang menyampaikan materi tentang Tarbiyah dan Pendidikan Agama dalam keluarga dan tata cara melaksanakan Thaharah dihadapan 20 pasangan yang menjadi peserta.

Kegiatan ini akan terus dilakukan oleh KUA se Kota Bontang dalam rangka mendukung program pemerintah kota untuk menekan angka perceraian yang tinggi serta meningkatkan kualitas pernikahan masing-masing pasangan. (scl/ist)


Baca Juga

Kamis, 31 Agustus 2017 | 15:04

Kankemenag Pantau Kegiatan Aksioma dan Lomba HAB


Berita Terpopuler