KUA Muara Kaman Tindak Lanjuti MoU Dinkes

Senin, 11 September 2017 | 09:06       Dibaca 32 kali


Kukar (Inmas) - Menindak lanjuti MOU antar Kantor Urusan Agama Kecamatan Muara Kaman dengan Puskesmas dan seluruh Kepala Desa yang ditanda tangani pada tanggal 17 Agustus 2017 tentang Vaksinasi, persyaratan nikah dan penanaman pohon, Kepala KUA Muara Kaman menggelar pertemuan di Monumen perjuangan Muara Kaman, maka KUA Kecamatan Muara Kaman mengadakan Sosialisasi kepada masyarakat Desa Muara Kaman Ilir Dusun Sumber Mulyo di Masjid Al-Khoirat pada hari jum’at tanggal 8 September 2017.Kukar (Inmas)- Menindak lanjuti MOU antar Kantor Urusan Agama Kecamatan Muara Kaman dengan Puskesmas dan seluruh Kepala Desa yang ditanda tangani pada tanggal 17 Agustus 2017 tentang Vaksinasi, persyaratan nikah dan penanaman pohon, Kepala KUA Muara Kaman menggelar pertemuan di Monumen perjuangan Muara Kaman, maka KUA Kecamatan Muara Kaman mengadakan Sosialisasi kepada masyarakat Desa Muara Kaman Ilir Dusun Sumber Mulyo di Masjid Al-Khoirat pada hari jum’at tanggal 8 September 2017.


Jama’ah yang hadir sekitar 26 orang ketika itu sangat antusias mengikuti arahan yang disampaikan oleh Kepala Kantor Urusan Agama, H. Sofian S.Ag. Dalam arahannya menyampaikan antara lain tentang persyartan  Nikah. Pada saat ini persyaratan untuk Nikah begitu  banyak tujuannya agar pernikahan sah menurut Pemerintah maupun Agama, misalnya fhoto cofy Buku Nikah bagi calon mempelai perempuan, agar mengetahui status anak nya. Kemudian diminta juga fhoto cofy Ijazah atau Akta kelahiran catin, manfaatnya untuk menyamakan data catin antara buku nikah dengan ijazah atau akta kelahiran.Ketika tanya jawab salah satu masyarakat menanyakan tentang biaya Nikah yang begitu jauh perbedaan antara nikah di KUA 0 rupiah dengan Nikah di rumah menyetor Rp.600.000,- . dengan mudah Kepala KUA Kecamatan Muara Kaman memberikan tanggapan “ Nikah di Kantor 0 rupiah tampa ada pungutan sedangkan nikah di luar jam Kantor atau di rumah dikenakan biaya Rp.600.000,- di setor langsung ke Bank terdekat berdasarkan PP Nomor 48 tahun 2014”.

Selain itu masyarakat mengharapkan adanya pembinaan secara rutin baik dari KUA, Penyuluh Agama Islam, MUI bahkan dari organisasi NU, mengingat Dusun Sumber Mulyo sangat terpencil dan jauh dari jangkauan Desa maupun Kecamatan.  Kepala KUA Kecamatan Muara Kaman menyampaikan program Dinas Kesehatan khususnya dari Puskesmas Muara Kaman tentang pentingnya Vaksin, info gizi, cek HIV, kesehatan ibu hamil  dan timbang berat badan bagi catin. Selain daripada itu dihimbau kepada catin agar membawa sebanyak 2 pohon  bibit buah-buahan untuk di kumpulkan di KUA selanjut nya akan ditanam serentak apabila sudah terkumpul sesuai dengan MOU Kementerian Agama Republik Indonesia dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor NK.8/Menlhk-V/2015 dan No 11 tahun 2015.Tentang : Peran serta Pengantin dalam Gerakan Penanaman Pohon. (sof)


Baca Juga

Senin, 11 September 2017 | 09:06

Pembubaran Panitia Qurban Kantor Kemenag Paser


Senin, 11 September 2017 | 09:06

Drs. H. M.Idil Ummas menempati ruangannya yang baru


Senin, 11 September 2017 | 09:06

Gerakan Nikah Sehat di KUA Kecamatan Bontang Utara


Berita Terpopuler

Minggu, 17 September 2017 | 04:32

Story Telling MTsN Raih Juara 1 & 3 ELC 2017 Unmul


Jumat, 08 September 2017 | 09:27

Jamaah Haji Kloter 1 Telah Tiba di Balikpapan