Ratusan Santri Cilik Rantau Pulung Ikuti Manasik Haji

Senin, 09 Oktober 2017 | 19:03       Dibaca 28 kali


Kutai Timur (Inmas). Tercatat ada lebih dari 100 orang anak didik mengikuti praktek bimbingan manasik haji yang diadakan di area lapangan Kantor Camat Rantau Pulung pada Minggu (08/10), yang dikoordinir oleh Kepala KUA setempat, Rahman Hidayat.

 

Bimbingan manasik haji ini sendiri turut melibatkan para da’i pembangunan Kec. Rantau Pulung dan juga para guru dari lembaga pendidikan PAUD dan TK, yang pada sebelumnya, Sabtu (07/10) telah mengikuti pelatihan dan pembekalan mentor bimbingan manasik haji dari tim pembinaan keagamaan Kantor Kementerian Agama Kab. Kutai Timur.

 

Rahman Hidayat sendiri menerangkan, praktek bimbingan manasik haji bagi santri cilik ini memberikan pemahaman dan pengenalan akan salah satu rukun Islam yang kelima ini sejak dini. Selain itu pula, pelaksanaannya ini dapat menjadi benteng pertahanan diri, menambah wawasan dan pemahaman pendidikan agama dan menghindarkan pengaruh negatif pada anak-anak di Kec. Rantau Pulung ini”.

 

Pada prakteknya, anak-anak didik, diberikan praktek manasik haji mulai melakukan Thawaf di depan Ka’bah, sa’i hingga ibadah haji lainnya seperti ketika memasuki Mudzalifah hingga ke Arafah dengan mengambil air Zam-zam yang terkemas dalam aqua gelas, yang mana semuanya ini untuk mendalami tentang Haji dan mendekatkan diri kepada sang Khaliq.

 

Orang tua santri yang turut hadir mendampingi anak-anak mereka, tampak antusias pula mengiringi setiap praktek ibadah haji yang dilakukan anak-anak mereka. Dengan diadakan kegiatan ini, tentunya sebagai orang tua, tak ada yang diharapkan selain anak-anak mereka menjadi anak yang sholeh-sholehah dan memahami ilmu pengetahuan agamanya dengan baik. (fds)


Baca Juga

Senin, 09 Oktober 2017 | 19:03

Pembekalan Manasik Haji Bagi Guru Rantau Pulung


Berita Terpopuler

Senin, 02 Oktober 2017 | 15:13

Persiapan Tim Bola Voli Kankemenag Paser