Menteri Agama Buka Pentas PAI Nasional VIII di Aceh  

Selasa, 10 Oktober 2017 | 23:00       Dibaca 30 kali

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada Pembukaan Pentas PAI Tingkat Nasional ke VIII  Tahun 2017 di Provinsi Aceh

 

Banda Aceh (Inmas-Kwl) - Pentas  Keterampilan dan Seni Pendidikan  Agama Islam (Pentas PAI) Tingkat Nasional ke VIII  Tahun 2017 di Provinsi Aceh secara resmi dibuka oleh Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin.

Event dua tahunan ini digelar di taman Shulthanah Shafiatuddin, Aceh, Senin (9/10) malam, dengan sangat meriah yang diikuti kontingen seluruh Indonesia serta dipadati ribuan masyarakat Aceh yang sangat antusias menyaksikannya.

Menag dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan Pentas PAI sesungguhnya merupakan kebutuhan semua pihak, dengan kegiatan ini, bagi orang tua yang memiliki anak sedang duduk dibangku sekolah dasar (SD) hingga menengah atas (SMA/SMK) dapat mengetahui pengetahuan, bakat, minat, dan keterampilan yang dimiliki anak-anak kita dibidang pendidikan agama islam (PAI).

Dengan adanya Pentas PAI, dapat diketahui bagaimana tingkat ketuntasan dan capaian siswa dalam proses pendidikan agama islam yang telah dilakukan, juga merupakan kebutuhan bagi aparatur pemerintah dan legislasi kebijakan pendidikan untuk mengetahui bagaimana pembinaan, pemantauan dan evaluasi perkembangan keberhasilan penyelenggaraan PAI secara nasional.

Menag juga mengungkapkan bahwa Penyelenggaraan Pentas PAI ini memiliki makna dan posisi yang sangat strategis, di antaranya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan pendidikan agama islam.

Pentas PAI tahun 2017 mengusung tema “Merawat Keberagaman, Memantapkan Keberagamaan”, menurut Menag, ini sangat penting untuk digelorakan di tengah masyarakat sesuai konteks dan karakteristik  keindonesiaan yang beragam.

Cara paling efektif untuk merawat keragaman itu adalah menghadirkan nilai-nilai religiusitas, sebagai perekat dan kohesi sosial yang mampu melahirkan kesadaran, pemahaman, dan tingkah laku untuk saling menjunjung tinggi eksistensi antar sesama, dari itu dapat terjalin rasa persaudaraan dan keharmonisan di antara kita.

Sebelumnya Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin dalam laporannya mengatakan Pentas PAI merupakan wahana kompetisi dalam mengaktualiasasikan dan menumbuhkembangkan minat serta bakat peserta didik mulai jenjang SD hingga SMA/SMK.

Juga merupakan salah satu upaya Kementerian Agama dalam menguatkan pemahaman dan ketaatan beragama Islam peserta didik, dengan tetap memelihara kesadaran kebhinekaan dalam bingkai NKRI, ujarnya.

Kegiatan ini dimulai tanggal 9 sampai 14 Oktober 2017 dan diikuti  907 siswa dan 235 pendamping, sehingga total 1.142 peserta berasal dari seluruh provinsi Indonesia.

Acara ini dihadiri Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah, sejumlah pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kementerian Agama, para Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi se-Indonesia, tokoh agama dan tokoh masyarakat Aceh.

Acara dimeriahkan dengan penampilan tarian Peumulia Jamee dan diakhiri dengan defile peserta dari 34 provinsi. (rd)


Baca Juga

Berita Terpopuler

Senin, 02 Oktober 2017 | 15:13

Persiapan Tim Bola Voli Kankemenag Paser