Pendis Gelar Pertemuan Ekspose Monev BOS/BOP

Rabu, 18 Oktober 2017 | 16:03       Dibaca 101 kali

Arahan dari Kasi Pendis

Bontang (Inmas)- Kementerian Agama Kota Bontang melalui Seksi Pendidikan Islam (Pendis) menggelar pertemuan dengan Kepala RA/Madrasah, Bendahara RA/Madrasah, dan Operator PIP guna membahas ekspose hasil monitoring penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) dan Program Indonesia Pintar (PIP).

Pertemuan dibuka dan dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Pendis, H Tasnim Muin didampingi oleh Pengawas Fungsional RA/Madrasah, Ismail Mursalin, dan Staf Pendis, Sultani. Dihadiri oleh 43 peserta, pertemuan diadakan di Aula Kantor Kemenag Kota Bontang, Jalan Kapten Piere Tendean No 20B Kelurahan Bontang Kuala.

Dalam arahannya Kasi Pendis menyebutkan bahwa Monitoring dan Evaluasi (Monev) Dana BOS/BOP yang sudah dilakukan oleh Seksi Pendis mulai Tanggal 9-12 Oktober 2017, hasilnya sangat baik meskipun ada beberapa RA/Madrasah yang masih mengalami kendala dalam pengelolaannya dikarenakan kurangnya SDM.

"Ekspose kami lakukan untuk bahan evaluasi dalam upaya membenahi mekanisme pengelolaan dana BOS/BOP yang diterima oleh RA/Madrasah. Dikarenakan dana bantuan yang diterima berasal dari negara maka 1 rupiah pun tetap harus dipertanggung jawabkan sesuai dengan Juknis yang berlaku. Begitu juga dengan dana bantuan PIP harus 100% diserahkan kepada siswa. Pihak madrasah hanya diperbolehkan mengarahkan penggunaannya untuk keperluan pendidikan siswa itu sendiri," Jelasnya.

Secara keseluruhan RA/Madrasah penerima dana BOS/BOP sudah hampir seluruhnya merealisasikan dana tersebut. Namun masih ada beberapa kekurangan dalam pelaporannya dikarenakan kesalahan prosedur maupun kurang memahami Juknis yang ada. Untuk itu kedepan diharapkan masalah-masalah yang muncul sudah bisa dibenahi dan dihindari. (scl)


Baca Juga

Rabu, 18 Oktober 2017 | 16:03

Sosialisasi Juknis BOP di Kemenag Bontang


Rabu, 18 Oktober 2017 | 16:03

Penggunaan Dana BOS/BOP Harus Lebih Transparan


Rabu, 18 Oktober 2017 | 16:03

Ekspose Monev BOS dan BOP RA dan Madrasah


Berita Terpopuler

Selasa, 14 Agustus 2018 | 12:11

Sang Hafizh Itu Jadi Ketua Osis MAN IC Paser


Kamis, 02 Agustus 2018 | 12:13

MTs N Samarinda Wakili Kaltim KSM Nasional 2018


Rabu, 01 Agustus 2018 | 05:57

H-7 CJH Paser Ikuti Praktek Manasik Haji Massal