Kaltim Ikuti 11 Lomba STG Nasional X di Magelang Jawa Tengah

Kamis, 02 November 2017 | 21:48       Dibaca 136 kali

Kontingen Kaltim pada STG Nasional X Tahun 2017 di Magelang Jawa Tengah

Magelang (Inmas-Kwl) - Swayamvara Tripitaka Gatha (STG) Tingkat Nasional X Tahun 2017 diikuti 1.600 peserta berasal dari 32 provinsi di Indonesia, acara dibuka secara resmi oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di pelataran Candi Agung Borobudur, Magelang provinsi Jawa Tengah, Kamis (2/11).

Kalimantan Timur ikut bagian dari kegiatan rutin tiga tahunan ini dengan jumlah kontingen sebanyak 55 orang, hadir pada pembukaan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Saifi bersama Pembimas Buddha Maryono dan Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tripitaka Gatha Provinsi Kaltim Pdt. Hendri Suwito.

Kegiatan ini merupakan ajang lomba seni budaya dan tari kreasi Buddhis berlangsung tanggal 1 sampai 5 Nopember 2017 untuk memperebutkan Piala Presiden dengan 12 macam lomba.

Kontingen Kaltim mengikuti 11 macam lomba yaitu Membaca Dhammapada, Membaca Paritta, Membaca Sutra/Mantra/Liam Keng/ Membaca Dokyo Syodai, Dhammadesana Bahasa Indonesia, Dhammadesana Bahasa Mandarin, Dhammadesana Bahasa Inggris, Seni Kaligrafi, Solo Vokal Putri, Solo Vokal Putra, Paduan Suara Cipta Tari Kreasi Buddhis, hanya 1 lomba yang tidak diikuti adalah Barongsai.

Kakanwil dilokasi acara pembukaan menyampaikan dukungan penuh kepada kontingen Kaltim dan peserta semoga dapat tampil maksimal disemua cabang lomba yang diikuti.

Kepada peserta diharapkannya dapat berkonsentrasi diperlombaan, usahakan jangan ada rasa gugup bahkan takut untuk bersaing dengan peserta dengan provinsi lain, karena kalian yang ada disini adalah yang terbaik di Kaltim.

Jangan ada rasa minder, hendaklah percaya diri, tampilkan kemampuan terbaik yang kalian miliki, ujarnya.

Selain itu Kakanwil meminta untuk dapat saling berkomunikasi dengan pelatih dan official, jaga diri dan kesehatan, jaga dan tingkatkan kekompakan, serta yang juga penting untuk dapat menjaga nama baik daerah kita.

Semoga kalian berhasil untuk menjadi juara, sehingga dapat mengangkat nama daerah di tingkat nasional pada ajang STG tahun ini, pungkasnya.

Sementara Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tripitaka Gatha Provinsi Kaltim Pdt. Hendri Suwito, menyampaikan rasa optimis Kaltim bisa meraih juara umum, diprediksinya saingan terberat adalah kontingen DKI Jakarta dan Jawa Tengah selaku tuan rumah, kita tetap semangat dan optimis, tutupnya.

Acara pembukaan ditandai dengan penabuhan gong oleh Menteri Agama didampingi Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko, Dirjen Bimas Buddha Kementerian Agama Caliadi, Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tripitaka Gatha Arief Harsono dan Bhikkhu Sri Pannavaro Mahathera. (rd)


Baca Juga

Berita Terpopuler

Selasa, 04 September 2018 | 08:53

Jum’at Berkah MAN Balikpapan Peduli dan Berbagi


Kamis, 06 September 2018 | 08:14

Penyerahan SK Mutasi