Filariasis di MTsN Kutai Timur Memasuki Tahun ke-3

Senin, 13 November 2017 | 12:55       Dibaca 23 kali


Muara Ancalong - (Madrasah). Seluruh siswa dan guru MTsN mendapatkan obat Filariasis dari UPT Puskesmas Kecamatan Muara Ancalong, Kabupaten Kutai Timur, (13/11).


Mauludin selaku Petugas Puskesmas Muara Ancalong mengatakan bahwa, ” Pemberian Obat Massal Pencegahan (POMP) Filariasis di Kecamatan Muara Ancalong telah memasuki Tahun ke-3. Pemberian obat Filariasi berdasarakan edaran dari Menkes No. 612/MENKES/VI/2004 kepada Gubernur, Bupati tentang Eliminasi Filariasis. Serta Peraturan Presiden RI.No. 7 Tahun 2005, tentang RPJMN Tahun 2004-2009, pada Bab 28.B.5 "Filariasis sebagai salah satu program prioritas P2M (Pemberantasan Penyakit Menular).”

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa Filariasis merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh cacing filaria yang ditularkan melalui berbagai jenis nyamuk diantaranya Wuchereia Bancrofti, Brugia Malayi dan Bruqia Timori.


Di Kutim sendiri tambahnya, terdapat 11 orang yang mengidap penyakit filariasis atau kaki gajah ini. Jika di satu daerah sudah ada penderita penyakit kaki gajah diimbau seluruh masyarakat daerah itu melakukan pencegahan dengan mengkomsumsi obat kaki gajah agar tidak tertular. Yang wajib mengkomsumsi obat kaki gajah yakni warga berusia dua sampai dengan tujuh puluh tahun, tidak dalam keadaan hamil dan tidak mengidap penyakit berat seperti gagal ginjal, epilepsi dan lainnya. Maka dari itu semua siswa dan guru harus minum obat ini, demi kesehatan kita bersama. (subhan).

 


Baca Juga

Senin, 13 November 2017 | 12:55

Kakanwil Hadiri Pembukaan IIEE 2017


Berita Terpopuler