KUA Tanjung Harapan Laksanakan Pembinaan Fardu Kifayah

Senin, 20 November 2017 | 10:23       Dibaca 148 kali

Suasana pelatihan fardu kifayah di Mesjid Al Hikmah Desa Ipi Kec. Tanjung Harapan Kabupaten Paser Kaltim

Paser (Inmas)- sebanyak 30 orang warga Desa Ipi kec. Tanjung Harapan mengikuti kegiatan Pembinaan fardu Kifayah yang dilaksanakan oleh KUA Tanjung Harapan yang dipusatkan di Mesjid Al Hikmah Desa Ipi sabtu (11/11)

Kepala KUA Tanjung Harapan Muhammad Jarkasi,S.Pd.I mengatakan bahwa Pembinaan Fardu Kifayah  di Desa Ipi Kec. Tanjung Harapan sangat perlu dilaksanakan karena minimnya tenaga pelaksana fardu kifayah baik untuk laki-laki maupun khusus untuk wanita.

“Alhamdulillah pelaksanaan fardu kifayah telah dilaksanakan dan diikuti oleh masyarakat yang tinggal di desa ipi ini. Kami ingin menyampaikan ke masyarakat bahwa Mengurus jenazah hukumnya fardu kifayah, artinya jika dalam suatu daerah terdapat orang yang meninggal dunia, maka orang Islam di daerah tersebut wajib mengurus jenazahnya. Apabila tidak seorangpun di daerah tersebut melaksanakannya, semua orang Islam di daerah tersebut berdosa,"ucap Jarkasi saat dihubungi humas kemenag paser melalui telpon selulernya, senin (20/11). 

dikatannya lebih lanjut "Dasar hukum yang menjelaskan pentingnya merawat jenazah adalah hadis nabi berikut, yang artinya: “ Dari Abu Hurairah ra. Dari Nabi saw., ia berkata : “ Segerakanlah urusan jenazah, jika ia orang baik, maka itulah yang sebaik-baiknya yang kamu segerakan, dan jika bukan orang baik, maka itulah orang yang seburuk-buruknya yang kamu buang ke kuburnya dari pundak kamu, yaitu memasukkannya kedalam liang lahat (HR. Bukhari Muslim)., dan juga pada kegiatan ini para peserta akan dibimbing bagaimana cara mengurus jenazah sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW, mulai dari mendampingi orang sakit, memandikan jenazah, praktek mengkafani dan tata cara mensholatkan jenazah hingga menguburkannya., Harapan kita, semoga kedepan, masyarakat tidak lagi kesulitan dalam mencari orang untuk pelaksanaan fardhu kifayah untuk jenazah laki-laki maupun terkhusus bagi jenazah wanita,” jelas Jarkasi.

Adapun pemateri pada kegiatan tersebut yakni Kepala KUA Tanjung Harapan Muhammad Jarkasi,S.Ag dan Rijal Fauzi staf pada KUA Batu Engau dalam pembahasannya menyampaikan mulai dari menjenguk orang sakit, hingga pelaksanaan fardhu kifayah. Antara lain, cara memandikan jenazah, mengkafani dan menshalatkan jenazah.(i)


Baca Juga

Senin, 20 November 2017 | 10:23

4 Kloter Calhaj Samarinda Siap Diberangkatkan


Senin, 20 November 2017 | 10:23

Kelompok Usaha Dhu’afa BERKAH Bantu Anak Yatim


Berita Terpopuler

Selasa, 04 September 2018 | 08:53

Jum’at Berkah MAN Balikpapan Peduli dan Berbagi


Kamis, 06 September 2018 | 08:14

Penyerahan SK Mutasi