Misbah Sadili laksanakan Penyuluhan di SMK Muhammadiyah Kec. Long Ikis

Kamis, 23 November 2017 | 16:00       Dibaca 47 kali


Paser (Inmas)-Penyuluh Agama Islam pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kec. Long Ikis Misbah Sadili,S.Ag melaksanakan Penyuluhan pada siswa/i kelas 12 Akuntansi di SMK Muhamadiyah Kec.long Ikis Kab. Paser, rabu (22/11)

Pada kesempatan tersebut Misbah Sadili memberikan materi tentang bahaya pergaulan bebas dan dampaknya dengan masa depan ,serta efek yg timbul dari pergaulan tersebut.

dikataknnya “Pergaulan bebas selalu identik dengan kehidupan pergaulan remaja. Oleh karena itu remaja perlu mendapatkan proteksi terhadap pergaulannya agar tidak ‘bebas’ atau diluar kendali aturan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu perlu kesadaran secara mendasar dari remaja dan terlebih proteksi dari orang tua menjadi sangat penting. Peran orang tua sangat vital dalam menentukan arah pergaulan remaja,”ucap misbah.

Remaja sebagai salah satu yang sudah tidak lagi anak-anak namun juga belum dapat dikatakan dewasa, biasanya amat senang untuk berkumpul dan bersosialisasi dengan teman-temannya. Namun, seiring dengan perkembangan jaman, sesi bersosialisasi itu menjadi tidak terkontrol sehingga menimbulkan dampak negatif pergaulan bebas pada remaja.

Oleh sebab itu lanjut Misbah,“Cara menghindari pergaulan bebas dengan benar dapat dilakukan melalu suatu proses sejak seseorang berusia dini.

Pertama; Memperkuat Pendidikan Agama, Anak yang mempunyai dasar pendidikan agama serta moral yang kokoh tidak akan mudah terjerumus ke dalam pergaulan bebas, karena ia tahu dan bisa membedakan hal yang benar dan salah. Pendidikan agama dan moral dapat memperkuat iman seseorang sejak dini. Jika sejak kecil seseorang telah tertanam mengenai pengertian benar dan salah, biasanya ia akan dapat menghindari pergaulan bebas yang jelas – jelas merupakan hal yang tidak benar., kedua; Membentuk Karakter yang Positif., ketiga; Memilih Teman., keempat; Mempererat Hubungan Orangtua dan Anak, Hubungan orang tua dan anak yang erat secara langsung akan memberikan pengawasan yang lebih baik kepada anak. Jika anak dekat dan terbuka dengan orang tua, mereka akan dapat langsung bertanya mengenai berbagai macam persoalan bahkan yang dianggap sensitif dan tabu seperti seks bukannya mencari informasi yang bisa jadi menyesatkan pada pihak lain.,kelima; Memberikan Pendidikan Seks Pada Anak dan Remaja., keenam; Menghindari Lingkungan yang Tidak Kondusif., ketujuh; Memperbaiki Komunikasi dengan Keluarga., kedelapan; Taat Kepada Hukum, kesembilan; Menjaga Tingkah Laku dan Membatasi Waktu di Luar Rumah,”terang Misbah.

Sebelum mengakhiri penyuluhannya di sekolah tersebut Misbah berharap,”Mudah-mudahan kegiatan penyuluhan seperti ini dapat menambah wawasan buat siswa dan siswi semua sehingga dampak negatif dari pergaulan bebas dapat diketahui sehingga remaja kita dipaser ini tidak terjerumus dalam perbuatan yang salah,”ungkapnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut kepala sekolah SMK Muhammadiyah Long Ikis ibu Gita Ayu SE, Ketua Jurusan ibu Puji Astuti, dan Kesiswaan bapak Raswin jamil S. Pd. (i)