Ujian Semester Berbasis Android di MAN Bontang

Kamis, 07 Desember 2017 | 16:20       Dibaca 22 kali

Pelaksanaan ujian berbasis android di MAN Bontang

Bontang (Inmas)- Terobosan baru kembali diterapkan oleh Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bontang dalam pelaksanaan ujian semester I tahun pelajaran 2017/2018. Berawal dari kendala keterbatasan sarana dan prasarana saat ujian berbasis komputer, Kepala MAN Bontang Hj Kamiyati saat berdiskusi dengan tim teknis mendapat saran untuk menggunakan sarana Handphone (HP) yang berbasis android.

"Kendala yang kami hadapi saat pelaksanaan ujian berbasis komputer ini ada pada terbatasnya unit yang kami miliki. Siswa juga harus menunggu lama karena pelaksanaan ujian dibagi menjadi 3 sesi. Hal ini menyebabkan penggunaan waktu dan tenaga menjadi tidak efisien. Dari tim teknis kemarin menyarankan untuk menggunakan sarana HP yang berbasis android dimana semua siswa pasti memilikinya. Dan hari ini kami lakukan uji coba yang sejauh ini bisa berjalan dengan lancar," Jelas Kepala MAN.

"Kedepannya tentu akan terus kami kembangkan dengan mengusahakan pengadaan server di masing-masing ruang kelas karena rencananya ulangan harian juga akan menggunakan android sebagai sarananya. Dengan begini tentu akan ada efisiensi terhadap penggunaan kertas karena sudah diganti dengan aplikasi," Tambahnya.

Ketika ditanya kemungkinan sistem ujian berbasis android ini digunakan saat pelaksanaan UNBK, Hj Kamiyati masih akan berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim teknis dan Dinas Pendidikan Kota Bontang. Ditambahkannya lagi sistem ini tentu saja bisa digunakan oleh madrasah atau sekolah lainnya untuk memudahkan pelaksanaan ujian. Pihaknya juga akan membantu jika ada sekolah/madrasah lain yang ingin berkonsultasi tentang ujian berbasis android ini.

Sementara itu salah satu tim teknis ujian MAN Bontang Marzuki saat ditemui menyebutkan teknisnya ujian berbasis android ini adalah melalui sarana Wireless Fidelity atau yang biasa kita kenal dengan Wifi. "Melalui Hp android kita bisa mengakses aplikasi yang berbasis web menggunakan browser yang ada maupun launcher yang sudah kita siapkan. Kekurangannya tentu saja pada layar yang rata-rata berukuran 4' keatas. Oleh karena itu kami sarankan kepada siswa untuk menggunakan Hp yang berlayar 5' keatas agar pandangan lebih lega," Jelasnya.

Dengan adanya terobosan melaksanakan ujian berbasis android tentu sangat berguna sekali bagi siswa madrasah yang terletak di Jalan Kapten Piere Tendean No 20 Bontang Kuala ini. Siswa sudah tidak perlu lagi menunggu lama gilirannya untuk mengikuti ujian. Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah. (scl)


Baca Juga

Kamis, 07 Desember 2017 | 16:20

Tahfidz MTs N Samarinda dikunjungi MTs N 1 PPU


Berita Terpopuler