Penyelenggara Syariah Ukur Ulang Kiblat di Desa Saing Prupuk

Jumat, 08 Desember 2017 | 09:48       Dibaca 155 kali

Turman, SH.I (baju batik hijau) sedang memberikan penjelasan perhitungan arah kiblat

Paser (Inmas) – Menindak lanjuti surat dari KUA Kecamatan Batu Engau dengan nomor : B-56/KUA.16.01.05/BA.01/12/2017 tentang permohonan pengukuran ulang arah kiblat Masjid Al Muhajirin dari Kantor Desa Saing Prupuk Kecamatan Batu Engau Kabupaten Paser, Tim Pengukur Arah Kiblat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Paser pada Rabu (7/12)  pagi melakukan pengecekkan dan pengukuran ulang arah kiblat pada masjid tersebut. Tim terdiri dari Turman, SH.I selaku Plt. Penyelenggara Syariah pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Paser, H. Usup, S.Ag,MM selaku Penyuluh Agama pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Paser dan turut ikut serta mendampingi Rizal Fauzi  selaku staf dari KUA Kecamatan Batu Engau.

Sebelum melaksanakan pengukuran terlebih dahulu tim berdiskusi tentang masalah arah kiblat yang menjadi perdebatan warga setempat dengan masih adanya segelintir warga  yang bersikukuh meyakini arah kiblat awal pembangunan masjid Al Muhajirin. Di karenakan hal tersebut maka di lakukan pengecekkan ulang arah kiblat agar di dapatkan koordinat derajat yang tepat dan sesuai.

Tim pengukur arah kiblat dan penyuluh agama melakukan koordinasi dengan kepala desa untuk memberikan pemahaman kepada warga dengan jelas tentang bagaimana menentukan arah kiblat yang benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Setelah di lakukan perhitungan dan pengecekkan arah kiblat awal masjid dengan di saksikan masyarakat dan aparat desa di temukan bahwa arah kiblat awal masjid tersebut tidak tepat yang mana terhitung 10° dari barat ke selatan. Padahal arah kiblat yang tepat di lokasi , setelah di lakukan perhitungan adalah 22° 23” dari barat ke utara.

Pada prosesi pengukuran arah kiblat warga di persilahkan untuk mencoba sendiri melakukan  pengukuran setelah terlebih dahulu tim menjelaskan dan mencontohkan langsung bagaimana menggunakan peralatan. Alhamdulillah warga akhirnya memahami dan menerima semua penjelasan. Akhirnya pengukuran arah kiblat Masjid Al Muhajirin dapat terlaksana dengan sukses dan hasil pengukuran arah kiblat tersebut di terima oleh jamaah masjid dengan baik. (rs/iqb)


Baca Juga

Jumat, 08 Desember 2017 | 09:48

4 Kloter Calhaj Samarinda Siap Diberangkatkan


Jumat, 08 Desember 2017 | 09:48

Kelompok Usaha Dhu’afa BERKAH Bantu Anak Yatim


Berita Terpopuler

Selasa, 04 September 2018 | 08:53

Jum’at Berkah MAN Balikpapan Peduli dan Berbagi


Kamis, 06 September 2018 | 08:14

Penyerahan SK Mutasi