140 Pasangan Ikuti Isbat Nikah

Selasa, 12 Desember 2017 | 19:54       Dibaca 175 kali


Kutai Timur (Inmas) - Sebanyak 140 pasangan suami istri pada Senin (11/12) mengikuti sidang isbat atau nikah massal yang bertempat Gedung Serba Guna Kec. Sangatta Selatan yang digagas oleh Kerukunan Keluarga Kampung Hijau bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil beserta Pengadilan Agama dan Kantor Kementerian Agama Kab. Kutai Timur.

Pelaksanaan isbat nikah ini sendiri dilakukan secara bertahap, yakni pada 11 Desember diikuti 40 pasangan, 14 Desember sebanyak 60 pasangan disusul kemudian pada 15 Desember yang diikuti sebanyak 40 pasangan juga.

Pada momen yang tentunya penuh haru bagi pasangan yang melakukan nikah massal ulang tersebut dihadiri langsung oleh Bupati, H. Ismunandar beserta Istri, Kasi Bimas Islam, H. Abdul Majid yang sekaligus mewakili Kepala Kantor Kemenag, Wakil Kepala Pengadilan Agama Sangatta, A. Rukip dan jajaran pejabat lainnya.

Bupati, H. Ismunandar sendiri menyambut baik pelaksanaan Isbat Nikah ini sendiri bagi warganya di Kec. Sangatta Selatan dan sekitarnya. “Karena diketahui, pernikahan yang tidak didasari landasan hukum negara, maka tidak tercatat oleh negara pelaksanaan nikahnya atau sering disebut Nikah Sirri di kalangan masyarakat”. Gunakanlah momen ini sebagai bentuk pengesahannya, sehingga ke depan dalam berurusan tidak mengalami kendala”.

Secara terpisah, H. Abdul Majid mengatakan “pelaksanaan pernikahan yang tidak tercatat oleh negara tentu banyak sisi kekurangannya, seperti tidak mendapatkan akte nikah, kartu keluarga, dan akte kelahiran anaknya pula. Dengan mengikuti isbat nikah ini, maka negara akan mengeluarkan dokumen-dokumen tersebut kepada pasangan pengantin itu sendiri”. Terangnya. (fds)