Hari Pertama Bimtek K13 PAI SD oleh Visitor Kemenag RI

Kamis, 14 Desember 2017 | 14:42       Dibaca 142 kali

Wahidah,S.Pd.I salah satu visitor Kemenag RI memberikan arahan K13 di hari pertama Bimtek guru PAI SD

Kutai Barat (Inmas)- Diantara guru PAI SD di Kabupaten Kutai Barat menyatakan, pengajaran kurikulum 2013 di lingkungan sekolah sangatlah mudah. Ungkapan tersebut terungkap dalam bimbingan teknis guru PAI SD  dengan visitor ditjen Pendis Kemenag RI kemarin (13/12).

Selama dua hari, puluhan guru  PAI SD se-Kutai  Barat mendapatkan  Bimtek dari dua narasumber visitor Ditjen Pendis Kemenag RI. Beliau berdua adalah Wahidah, S.Pd.I dan Faiqoh Ulwi,M.Pd.I. Mereka rela menempuh perjalanan jauh  menuju Kubar untuk menjalankan misi berbagi informasi dan pengetahuan dengan  guru PAI SD  di Kubar, serta meninjau langsung kegiatan belajar mengajar di salah satu sekolah  dasar di Kubar. Kebetulan SD 03 Melak Ulu terpilih mewakili sekolah lain untuk mendapatkan kunjungan ini.

Wahidah, S.Pd.I  sebagai salah satu visitor sekaligus narasumber Bimtek K13  bersedia memperkenalkan diri kepada seluruh peserta di hari pertama dari dua hari kegiatan yang telah di jadwalkan.  Guru SDN 01 Wonosobo ini terpilih  sebagai salah satu visitor hasil rekomendasi Ditjen Pendis Kemenag RI.

Di sesi awal pertemuan  Wahidah melontar kepada para peserta Bimtek guru PAI SD di aula Kantor Kemenag Kubar (13/12) untuk memberikan kesannya seputar penggunaan kurikulum 2013. Apakah mereka masih mengalami kesulitan penerapan K13 PAI SD  di sekolah masih-masing.

Di Kubar diantara sekolah dasar sebagian masih menggunakan KTSP dan sebagian lagi sudah menggunakan K13.

Salah seorang guru  yang telah menggunakan K13 dalam pengajaran PAI SD menceritakan awal dalam benak  beliau mengunakan K13 sangatlah sulit. Setelah beliau sering mengikuti Bimtek, alhasil justru dengan K13 siswa diajak lebih mandiri dalam memahami suatu mata pelajaran. Sehingga fungsi guru lebih banyak sebagai pembimbing  sekaligus pengarah dalam proses belajar mengajar. (ed)