Banjir Rob Rendam MTs Al Ikhlas dan Mushalla Kemenag Bontang

Jumat, 05 Januari 2018 | 17:20       Dibaca 50 kali

Tanggul yang dijebol untuk mengeluarkan air laut dan kondisi mushalla yang terendam

Bontang (Inmas)- Mengawali jam pelajaran di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Ikhlas Bontang, Kamis (4/1) kemarin, seluruh siswa dan guru melakukan kerja bakti untuk mengeluarkan air laut sisa banjir rob yang masuk ke dalam kelas. Air laut tersebut masuk saat pasang tinggi mencapai puncaknya di malam hari sebelumnya akibat fenomena supermoon.

Menurut Kepala MTs Al Ikhlas Parmono, pihaknya sudah memasang tanggul di setiap kelas dan ruangan lainnya untuk mencegah air masuk kedalam. Namun tinggi air yang melebihi tanggul malam sebelumnya menyebabkan air masuk memenuhi ruangan dan tidak bisa keluar saat air sudah surut. "Setiap ruangan sudah kami buatkan tanggul untuk mencegah banjir rob masuk. Tapi ternyata banjir rob semalam lebih tinggi dari tanggulnya sehingga kami terpaksa membongkar separuh tanggul untuk mengeluarkan air yang terkurung dalam ruangan," Jelasnya.

Banjir rob yang terjadi malam sebelumnya tidak hanya merendam MTs Ikhlas tetapi juga Mushalla Al Karamah Kemenag Kota Bontang. Takmir mushallah dibantu security Kemenag langsung memindahkan karpet dan peralatan lainnya ke tempat yang lebih tinggi agar tidak terkena air laut yang masuk ke dalam ruangan. Banjir rob sebenarnya juga merendam Madrasah Aliyah Negeri (MAN) dan Kantor Kemenag Bontang, namun tidak sampai masuk ke dalam ruangan karena lantainya yang sudah ditinggikan untuk menghindarinya.

Lokasi MAN, MTs Al Ikhlas dan Kantor Kemenag Bontang yang berdekatan dengan laut menyebabkan setiap bulannya selalu terkena banjir rob saat bulan penuh. Banjir rob yang terjadi biasanya terjadi selama 3 hari dan puncaknya adalah di hari kedua saat bulan purnama sempurna tetapi tidak sampai masuk ke dalam ruangan hanya merendam halaman saja. Ke depan diharapkan pihak MTs Al Ikhlas bisa mengupayakan untuk meninggikan lantai ruangan agar kejadian ini tidak terulang kembali. (scl/ist)