Penggunaan Dana BOS/BOP Harus Lebih Transparan

Senin, 08 Januari 2018 | 15:49       Dibaca 20 kali

Arahan dari Kasi Pendis

Bontang (Inmas)- Mengawali Tahun 2018, Kementerian Agama Kota Bontang melalui Seksi Pendidikan Islam (Pendis) menggelar pertemuan dengan Kepala dan Bedahara RA/Madrasah Se-Kota Bontang. Menempati ruang Aula Kemenag Bontang Jalan Kapten Piere Tendean No 20B, pertemuan tersebut guna membahas persiapan pencarian dana BOS/BOP tahun anggaran 2018. Pengawas RA/Madrasah Ismalil Mursalin dan Staf Pengembang Kapasitas Pendidik dan/atau Santri Sultani, juga turut hadir dalam pertemuan.

Kepala Seksi Pendis H Tasnim Muin dalam arahannya menyebutkan bahwa dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk madrasah dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) untuk RA bersumber dari APBN sehingga harus dipertanggungjawabkan penggunaannya untuk siswa sesuai petunjuk teknis yang berlaku.

"Dana bantuan yang masuk haruslah sama dengan yang dikeluarkan. Dari hasil Monitoring dan Evaluasi yang sudah kami lakukan ada beberapa RA/Madrasah yang mengalami kendala namun sudah ditindaklanjuti. Saya minta laporan penggunaan dana BOS/BOP yang sudah diserahkan agar disempurnakan dan diserahkan ke Kemenag. Selanjutnya silahkan membuat proposal dan permohonan pencairan dana BOS/BOP untuk kami tindaklanjuti dengan melakukan ferivikasi jumlah siswa," Sebutnya.

Ditambahkannya pula, dari hasil Monev juga ditemukan beberapa RA/Madrasah belum melibatkan komite maupun membuat pengumuman tentang jumlah dana bantuan BOS/BOP yang diterima kepada masyarakat. "Ini artinya penggunaannya masih belum transparan. Untuk itu saya minta kepada seluruh kepala RA/Madrasah agar membangun komunikasi yang baik dengan komite terkait BOS/BOP. Buat pengumuman tentang besaran jumlah dana bantuan yang diterima," Ujarnya.

Dari pertemuan yang dilakukan tersebut, seluruh Kepala Madrasah yang hadir untuk menyerahkan proposal dan permohonan pencairan paling lambat Kamis (11/1) agar bisa segera diproses dan dilanjutkan dengan RA. (scl)


Baca Juga

Senin, 08 Januari 2018 | 15:49

Pendis Gelar Pertemuan Ekspose Monev BOS/BOP


Senin, 08 Januari 2018 | 15:49

Ekspose Monev BOS dan BOP RA dan Madrasah


Senin, 08 Januari 2018 | 15:49

MTsN Tanah Grogot Terima KASMARAN


Berita Terpopuler

Sabtu, 06 Januari 2018 | 18:56

Kepsek SDN 008 Sangatta Raih Penghargaan Kemenag