Penyuluh Mulai Lakukan Pembinaan di Lapas Bontang

Kamis, 11 Januari 2018 | 16:06       Dibaca 55 kali

Penyuluh Fungsional Agama Islam memberikan kultum kepada warga binaan

Bontang (Inmas)- Sesuai Memorandum of Understanding (MoU) yang telah ditandatangani oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bontang H Sulaiman dan Kepala Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas III Heru Yuswanto usai pelaksanaan upacara Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag RI Rabu (3/1) lalu, mulai Selasa (9/1) lalu Penyuluh Fungsional Agama Islam Hj ST Hajerah didampingi Tenaga PAI Non PNS Baiq Gusniwati melakukan pembinaan kepada warga binaan khusus perempuan.

Materi yang diberikan dalam pembinaan tidak jauh berbeda dari sebelumnya yaitu belajar membaca ayat suci Al-Qur’an dengan membuat kelompok sesuai dengan kemampuan mereka. Memang tidak semua warga binaan yang bisa membaca Al-Qur’an sehingga perlu bimbingan dari awal. Dari total 58 warga binaan yang ada hanya 56 yang mengikuti bimbingan kali ini.

Usai mengikuti pelajaran membaca Al-Qur’an dilanjutkan dengan pemberian Kultum dari Penyuluh Fungsional Agama Islam. Dalam penyampaiannya Hj ST Hajerah menekankan kepada warga binaan untuk selalu meningkatkan iman dan taqwa Kepala Allah SWT agar terhindar dari perbuatan dosa yang bisa membawa mereka kembali menjadi penghuni Lapas.

"Saya bersama Tenaga PAI Non PNS selalu mengajarkan kepada mereka, agar lebih banyak beribadah Kepada Allah SWT. Mengingat posisi mereka saat ini berstatus sebagai warga binaan tentu memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan ibadah. Harapannya saat mereka bebas nanti, ibadah mereka bisa terus berlanjut tidak berhenti hanya saat menjadi warga binaan saja," Jelasnya.

Sementara itu informasi dari pihak Lapas, meningkatnya jumlah warga binaan dikarenakan adanya pindahan dari daerah lain yang belum memiliki Lapas ataupun kelebihan penghuni. Jadi bukan berarti pembinaan yang dilakukan selama ini mengalami kegagalan tetapi lebih kepada hal teknis. (scl/ist)


Baca Juga

Kamis, 11 Januari 2018 | 16:06

Kemenag Bontang Gelar Bimwin Angkatan Pertama


Kamis, 11 Januari 2018 | 16:06

LPTQ Kab. Berau Gelar Rapat Persiapan STQ


Kamis, 11 Januari 2018 | 16:06

Kunjungan MUI Provinsi Kaltim ke Kemenag Berau


Kamis, 11 Januari 2018 | 16:06

Polres Koordinasi dan Konsultasi ke Kemenag Berau


Berita Terpopuler

Selasa, 04 September 2018 | 08:53

Jum’at Berkah MAN Balikpapan Peduli dan Berbagi


Kamis, 06 September 2018 | 08:14

Penyerahan SK Mutasi