Kakanwil Kemenag dan Ketua FKUB Kaltim Kunjungi Kemenag Paser

Sabtu, 20 Januari 2018 | 21:09       Dibaca 134 kali

Kakanwil Kemenag Kaltim, Drs. H. Sofyan Noor, M.Si dan Ketua FKUB Kaltim, Drs. H. Asmuni Ali saat berada di Kantor Kemenag Paser (foto:LF)

Paser (Inmas) – Kakanwil Kemenag Kaltim, H. Sofyan Noor dan Ketua FKUB Kaltim, H. Asmuni Ali Mengunjungi Kantor Kemenag Paser, Jum’at (19/1) sore. Kedatangan Beliau ini dalam rangka Kegiatan Pembinaan  Penguatan Organisasi dan Kelembagaan serta Silaturahim bersama Tokoh Agama di Lingkungan Kantor Kemenag Paser.

Sebelum Kegiatan berlangsung, Kepala Kankemenag Paser H. Mohlis mengajak Kakanwil beserta Ketua FKUB Kaltim untuk melihat setiap sudut ruangan yang berada di Kantor Kemenag Paser. Kini Kantor Kemenag Paser telah banyak mengalami perubahan baik dari sisi penataan ruangan, fasilitas yang tersedia dan juga warna cat bangunan yang kini terlihat lebih menarik dengan kombinasi biru langit.

Selanjutnya Ba’da Ashar, Kegiatan yang bertempat di Aula Kemenag Paser dimulai. Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan pembacaan do'a oleh H. Usup,S.Ag,M.Si, Penyuluh Agama Madya dan kemudian dilanjutkan laporan kegiatan oleh ketua panitia yang disampaikan oleh Kepala Kemenag Paser, H. Mohlis.

Beliau menyampaikan bahwa kunjungan dari Kakanwil dan Ketua FKUB Kaltim ini adalah merupakan suatu keberkahan bagi kita, walaupun kita terletak di ujung Provinsi Kalimantan Timur, Alhamduliah beliau-beliau ini masih bisa menyempatkan diri untuk berkunjung ke Kemenag Paser., Mudah-mudahan kita dapat memetik apa-apa yang nantinya beliau sampaikan dan bisa kita jadikan pedoman serta dasar kebijakan kita dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab kita selanjutnya di Kemenag Paser ini,"Harapnya.

Selanjutnya H. Mohlis melaporkan bahwa luas wilayah Kab. Paser adalah 11.604 KM2. Untuk Kantor Urusan Agama (KUA), Kami mempunyai 10 KUA dari seluruh Kecamatan yang berada di Kab. Paser. Madrasah Negeri ada 8 Madrasah yang terdiri dari 2 MIN, 4 MTsN, 1 MAN dan 1 MAN Insan Cendekia dan untuk yang swasta ada 34 Madrasah yang terdiri dari 10 MA, 13 MTs, 11 MI dan untuk RA ada 10. Alhamdulillah satker kami telah meraih penghargaan satker terbaik diwilayah kerja KPPN Balikpapan.

Untuk Jumlah Penduduk Kab. Paser sekitar tiga Juta lima ratusan orang dan mayoritas beragama muslim. Kondisi Kerukunan Beragama di Kab. Paser telah berjalan dengan baik dan baru-baru ini saya telah melantik KKG Agama Kristen dan Katolik serta Pertemuan-pertemuan para pendeta telah kami fasilitasi," tuturnya.

Selanjutnya Kakanwil, H. Sofyan Noor menyampaikan bahwa kita akan menghadapi tahun 2018, tahun ini kita harus lebih baik dari tahun sebelumnya baik itu dari segi kualitas dan kuantitas harus lebih ditingkatkan, apalagi di Tahun 2018 dan 2019 itu adalah tahun politik. Untuk di Tahun 2018 juga mengenai serapan anggaran harus lebih cepat yang sesuai dengan aturan dan prosedur yang berlaku. Kita juga harus menekankan 5 budaya kerja yang merupakan perintah dari Menteri Agama dan juga merubah mindset kita Kalau dulunya itu kita bekerja sendiri, kini kita harus merubahnya dengan bekerja sama  bergotong royong, Kinerja yang baik adalah kinerja yang bersinergi.

Yang kedua adalah kita tidak boleh tertutup, harus transparan. Jadi semua pekerjaan itu adalah ditulis. Kita juga jangan gaptek, semua harus bisa menerapkan tekhnologi saat ini yaitu dengan sistem komputer dan online.

Diakhir arahannya beliau mendoakan agar seluruh pegawai Kemenag Paser dapat bekerja dengan baik, bisa mengangkat harkat dan martabat Kementerian Agama di Kabupaten, dan sukses kedepannya serta menjadi harapan dan memperoleh prestasi yang baik. Pungkasnya.

Narasumber selanjutnya yaitu Ketua FKUB Kaltim, H, Asmuni Ali menyampaikan Bagaimana sikap Kita terhadap Hidup Beragama dengan sesama umat lainnya, bagaimana kita bisa menciptakan kedamaian dan kerukunan dalam kehidupan kita sehari-hari. Kerukunan merupakan salah satu kunci keberhasilan pembangunan. Karena kalau kita sudah rukun, pasti hasilnya aman dan damai.

Turut hadir dalam acara tersebut perwakilan dari Kantor Kesbangpol, Kasi/Penyelenggara, Kepala KUA, Kepala Madrasah Negeri, Para Tokoh Agama, Pimpinan Majelis Agama, Pengawas dan Guru serta Pegawai di Lingkungan Kantor Kemenag Paser. (LF)