Jalan Sehat Kerukunan Umat Beragama Kab. Paser Meriah dan Sukses

Minggu, 21 Januari 2018 | 10:30       Dibaca 71 kali

Kakanwil Memotong Pita menandai dimulainya Jalan Sehat HKN dan Pelepasan Balon Ke Udara

Paser (Inmas) – FKUB Kabupaten Paser berkerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Paser menyelenggarakan Kegiatan Jalan Sehat Kerukunan Umat Beragama, Sabtu (21/1) pagi. Kegiatan tersebut juga merupakan salah satu rangkaian dalam memperingati Hari Kerukunan Nasional dan Hari Amal Bakti Kemenag Ke 72.

Walaupun Jam baru menunjukkan pukul 06.00 pagi, Para peserta kegiatan terlihat sudah memenuhi halaman Kantor Kemenag Paser, pasalnya dalam kegiatan jalan sehat Kerukunan umat beragama yang baru pertama kali dilaksanakan ini, dihadiri orang nomor satu di Kanwil Kemenag Kaltim H. Sofyan Noor dan Ketua FKUB Kaltim, H. Asmuni Ali serta melibatkan tiga ribu peserta dan telah disiapkan ratusan doorprize

Adapun peserta kegiatan dan undangan adalah berasal dari  ASN Kemenang Kab. Paser, KUA Kecamatan,Madrasah Negeri dan Swasta, RA , Kepala SKPD Kab. Paser, Sekolah-Sekolah yang berada di Sekitar Kemenag Paser mulai dari Tingkat SD, SMP, SMA dan SMK, Kemudian terdapat juga pengurus dan anggota serta jamaah dari Majelis Agama, MUI, Baznas, FKUB, PGI, KWI, PHDI, dan Walubi, turut Hadir pula Kakankemenag Kab. PPU, H. Maslekhan.

Tepat pada pukul 07.00 pagi, Kegiatan Jalan sehat kerukunan dimulai dengan pelepasan balon udara oleh Sekda Kab. Paser, H. Aji Sayid Fathurrahman, kemudian dilanjut pemotongan pita oleh Kakanwil Kemenag Kaltim, H. Sofyan Noor dan terakhir pengibaran Bendera Start oleh Wakil Bupati Paser, H.M. Mardikansyah didampingi Kakankemenag Paser, H. Mohlis dan Sekretaris FKUB Kab. Paser, H. Abu Bakar Syam, Perwakilan Dandim 0904/TGT dan Polres Paser.

Setelah menempuh jarak kurang lebih 2 Kilometer, akhirnya seluruh peserta tiba kembali di Halaman Kemenag Paser yang merupakan tempat finish dan menikmati makanan, minuman yang disediakan oleh Panitia berupa bubur kacang hijau,jagung dan kacang rebus.

H. Mohlis dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas partisipasi dari semua pihak yang ikut berkontribusi hingga terselenggaranya kegiatan kali ini, baik yang berupa pemikiran, dana, dan sumbangan lainnya. Kami berharap kegiatan kali ini bisa mempererat tali silaturahim diantara kita. Karena dengan silaturahim dan persatuan Kabupaten Paser ini terasa damai dan tentram. Kegiatan ini juga nantinya menjadi agenda tahunan kita, Hari Kerukunan Nasional adalah Hari Raya kita bersama . Kabupaten Paser Kabupaten Kita, Mari kita bangun bersama dan jaga kerukunan umat beragama.

Selanjutnya dilaksanakan pernyataan sikap Tokoh dan Pemuka Agama yang dimulai dengan pembacaan isi pernyataan dan dilanjutkan penandatanganan dari perwakilan masing-masing tokoh agama yang berada di Kab. Paser dan juga Kakanwil Kemenag Kaltim, Kakankemenag Paser, serta Ketua FKUB Kaltim dan FKUB Kab,Paser.

Kakanwil, H, Sofyan Noor menyampaikan bahwa Damai itu bisa kita peroleh apabila kita menghayati dan mengamalkan arti toleransi yang sebenarnya. Toleransi itu adalah bagaimana kita ikhlas menerima apa adanya, menerima bahwa kita adalah berbeda. Perbedaan itu adalah rahmat bagi kita dan kita harus junjung tinggi dalam kehidupan bermasyarakat. Marilah kita sama-sama merawat dan menjaga kerukunan umat beragama sehingga terciptalah kedamaian dan kerukunan yang sesungguhnya.

Beliau berharap dan titip kepada Bapak Wakil Bupati, bahwa masyarakat kita adalah masyarakat kita sendiri dan masyarakat Bangsa Indonesia yang memiliki kelebihan dan kekurangan inilah masyarakat yang harus kita jaga dan pelihara.

Selanjutnya Wakil Bupati Paser, H.M Mardikansyah dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Kepala Kankemenag Paser dan FKUB Kab. Paser yang telah memprakarsai dan menggelar  acara ini yang sangat bermanfaat sekali bagi Silaturahim Kerukunan Hidup beragama di Kabupaten Paser dan juga terutama manfaat kesehatan yang didapat dari Gerak Jalan sehat ini.

Selamat Hari Kerukunan Nasional 2018, mudah-mudahan kegiatan ini menjadi event tiap tahunnya . “Olo Manin Aso Buen Siolondo”, Hari esok akan lebih baik dari hari ini.

Acara dilanjutkan dengan pengundiaan Doorprize Hadiah dari Wakil Bupati Paser Berupa tiga unit sepeda dan dilanjutkan hadiah hiburan lainnya dan ditutup dengan pemberian Hadiah Utama berupa Kulkas dari Bapak Bupati, Kulkas dari Bapak Kakanwil, Mesin Cuci dari Bapak Kankemenag Paser, dan 2 Unit TV LED 32’, Mesin Cuci dan Kulkas dari Tokoh Agama dan Organisasi Keagamaan. (LF)