Banyak Manfaat Kursus Pra Nikah

Selasa, 30 Januari 2018 | 19:42       Dibaca 198 kali


Kutai Timur (Inmas). Bimbingan pra nikah dianggap penting dalam pelaksanaannya, karena awal terbinanya kehidupan rumah tangga sangat tergantung pada ilmu dan pembekalan awal sebelum calon pengantin melangsungkan pernikahannya.

Senin (29/01) bertempat di Gedung Balai Nikah KUA Kec. Sangatta Utara. Kepala KUA, H. Syarifuddin Noor menyampaikan bahwa di balik pelaksanaan bimbingan pra nikah bagi pasangan para calon pengantin memiliki manfaat yang baik, baik sebagai pembekalan ilmu pengetahuan maupun ketakwaan kepada Allah SWT.

Di depan 20 orang yang hadir pada kesempatan itu, H. Syarifuddin Noor menjelaskan “Pemerintah dalam hal ini melalui Kementerian Agama terus berupaya untuk menciptakan keluarga sakinah dan dambaan bagi seluruh pasangan yang akan berumahtangga nantinya, seperti pelaksanaan pada bimbingan kursus pra nikah”.

Lebih lanjut, salah satu yang disampaikan ialah kewajiban pria atau suami seperti memberikan nafkah lahir batin, menggauli dengan baik, mendidik anak dan istri, menyimpan aib istri, memelihara kesehatan istri dan anak dan memberikan simpati. Sebaliknya, untuk perempuan atau istri, materi yang perlu diketahui yakni taat patuh ke suami, melayani suami dengan baik, menyimpan rahasia atau aib suami, menjaga diri dari sentuhan orang lain, menjaga harta martabat dan tidak bepergian tanpa ijin suami. Terangnya.

KUA sebagai lembaga pemerintah yang bertugas melakukan pencatatan nikah, punya tanggungjawab moral, yang tak hanya sekedar mengakui keabsyahan secara administrasi, tetapi bertanggungjawab agar pasangan calon pengantin memiliki bekal yang cukup dalam memasuki gerbang dalam berumah tangga. (fds)


Baca Juga

Selasa, 30 Januari 2018 | 19:42

SBSN KUA Selesai, KUA Sangkulirang Wajah Baru


Selasa, 30 Januari 2018 | 19:42

4 KUA Kutim Dilantik jadi Penghulu dan Mutasi


Berita Terpopuler

Selasa, 04 September 2018 | 08:53

Jum’at Berkah MAN Balikpapan Peduli dan Berbagi


Kamis, 06 September 2018 | 08:14

Penyerahan SK Mutasi