Sosialisasi Juknis BOP di Kemenag Bontang

Selasa, 06 Pebruari 2018 | 18:35       Dibaca 45 kali

Kasi Pendis menyampaikan hasil verifikasi di depan peserta yang hadir

Bontang (Inmas)- Seksi Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama Kota Bontang, Senin (5/2) kemarin menggelar pertemuan dengan Kepala dan Bendahara Raudlatul Athfal (RA) Se-Kota Bontang guna membahas Petunjuk Teknis (Juknis) Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) yang dikerluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendis Nomor 7201 Tahun 2017 pada Tanggal 27 Desember 2017 lalu. Sebanyak 11 Kepala dan 11 bendahara RA mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Kemenag Bontang Jalan Kapten Piere Tendean No 20B Bontang Kuala.

Pertemuan yang juga membahas tentang penyampaian hasil verifikasi jumlah siswa RA tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Pendis H Tasnim Muin. Diawali dengan melakukan kroscek ulang terhadap jumlah siswa RA yang diusulkan dengan hasil verifikasi di lapangan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara.

"Kedepan saya minta kepada masing-masing RA untuk memperkuat data pada aplikasi Education Management Information System (EMIS) karena data tersebut yang akan digunakan dalam penentuan anggaran yang diperlukan. Isi data dengan akurat sesuai dengan kenyataan yang ada bukan asal-asalan. Kami dari Seksi Pendis akan melakukan monev penggunaan dana BOP agar lebih akurat, transparan dan akuntabel," Sebutnya.

Rencananya Seksi Pendis akan mencairkan dana BOP dalam waktu dekat untuk mendukung kegiatan Proses Belajar Mengajar (PBM) RA. Setiap RA nantinya diwajibkan untuk membuat laporan pertanggung jawaban penggunaan dana BOP tersebut dan diserahkan ke Kemenag untuk diperiksa terlebih dahulu sesuai dengan Juknis yang berlaku.

Untuk informasi, tahun ini kuota penerima dana BOP yang di dalam anggaran Kemenag Kota Bontang adalah sebanyak 806 siswa sementara itu jumlah total siswa RA yang diusulkan sebanyak 748 siswa. Diharapkan dengan adanya dana BOP untuk RA bisa membantu meningkatkan kualitas pendidikan khususnya bagi anak usia dini. Amin. (scl)


Baca Juga

Selasa, 06 Pebruari 2018 | 18:35

Penggunaan Dana BOS/BOP Harus Lebih Transparan


Selasa, 06 Pebruari 2018 | 18:35

Pendis Gelar Pertemuan Ekspose Monev BOS/BOP


Selasa, 06 Pebruari 2018 | 18:35

Ekspose Monev BOS dan BOP RA dan Madrasah


Berita Terpopuler