Tim Fisika MAN IC Paser Masuk 8 Besar Nasional di ITS

Rabu, 07 Pebruari 2018 | 18:55       Dibaca 132 kali

foto Sebelah kiri M. Hilmi dan Bahrul Ilmi Mubarak sebelah kanan.

Paser (Inmas)-Siswa MAN Insan Cendekia Paser kembali menorehkan prestasi di tingkat Nasional, tepatnya pada ajang Engineering Physics Challenge yang diadakan oleh Institut Teknologi Surabaya tanggal 3-4 Pebruari 2018 lalu. Siswa yang mengharumkan MAN IC Paser tersebut adalah Muhammad Hilmi, kelas XII MIPA dan Bahrul Ilmi Mubarak, kelas XI MIPA 2. Kedua siswa tersebut memang sudah kerap kali menjuarai berbagai lomba di bidang fisika. Keduanya pernah mewakili Paser ke tingkat Propinsi dalam Olimpiade Sains Nasional. Yang terbaru, Bahrul Ilmi Mubarak sempat juara harapan 1 Nasional pada Olimpiade Fisika di Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Nopember 2017 silam.

Pada event Engineering Phsics Challenge, di babak penyisihan diikuti oleh 1602 tim dari seluruh Indonesia, seleksi dilakukan secara online. Dari 1602 tim diseleksi menjadi 80 tim. Alhmadulillah pada babak perempat ini, tim Fisika MAN IC Paser bisa masuk 80 besar. Setelah mengerjakan atau menjawab soal essay dari panitia, Bahrul Ilmi Mubarak dan M. Hilmi kembali lolos ke babak semi final, yakni masuk 20 besar. Pada babak ini, semua tim mengikuti Rally Games. Namun sayang, Tim MAN IC Paser berhasil meraih peringkat 8 besar, sehinga dapat dipastikan tidak bisa masuk babak final yakni 5 besar. Demikian, penjelasan Pembimbing Tim MAN IC Paser, Ustadzah Reny Afifah, S.Pd.

Atas prestasi yang diraih tersebut, ayahnda M. Hilmi melalui WA pribadinya menyampaikan ucapan Alhamdulillah kepada Ananda M. Hilmi dan Bahrul Ilmi Mubarak yang bisa rangking 8 Nasional. Walaupun belum sesuai harapan ingin juara 1 atau 2. Namun tetap kita syukuri dengan hasil yang ada. Kita ridho dengan hasil yang telah dicapai. Tetap semangat Ananda Hilmi. Jangan kecewa dan sedih. Jazaakumullah khairan katsira atas bimbingan ustadz dan ustadzah MAN IC Paser. Tetap sabar. Sesungguhnya Allah swt bersama orang-orang yang sabar.

Menanggapi WA dari orang tua M. Hilmi tersebut, Waka Humas dan PSDM MAN IC Paser, Ismail, M.Pd.I., juga mengucapkan Alhamdulillah. Kami bangga dengan M. Hilmi dan Bahrul Ilmi  Mubarak karena sudah mengharumkan MAN IC Paser di kancah Nasional. Mereka berdua insyaa Allah, anak-anak yang tangguh dan sabar karena sudah terbiasa dan memiliki jiwa petarung. Kalah menang dalam sebuah kompetisi adalah hal biasa. Yang luar biasa adalah tetap istiqamah berjuang di jalan Allah. Ini yang senantiasa kami tanamkan dan didik pada siswa MAN IC Paser.* (humasicpaser_ismail)