Kasat Lantas Polres Paser Pembina Upacara Bendera MAN Paser

Senin, 12 Pebruari 2018 | 11:33       Dibaca 73 kali


Paser (Madrasah-Inmas) - Upacara bendera hari Senin yang dilaksanakan secara rutin oleh seluruh warga MAN Paser terdiri dari Kepala Madrasah, Kepala Tata Usaha, Tenaga Pendidik dan Kependidikan serta seluruh siswa dan siswi kali ini berbeda, karena yang menjadi pembina upacara senin 12/02/2018 adalah Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Paser AKP. Syarifah Nurhuda, S.IK. Hal ini merupakan salah satu program Humas MAN Paser dengan maksud untuk memberikan pencerahan dan kesadaran kepada seluruh warga MAN Paser bagaimana menjaga keselamatan dalam berkendaraan dijalan.

Dalam amanatnya Kasat Lantas menyampaikan kepada siswa dan siswi MAN Paser untuk senantiasa meningkatkan keamanan dan keselamatan dalam berkendara karena dari tahun 2017-2018 angka kecelakaan lalu lintas di kabupaten Paser menduduki peringkat ke 4 se Kaltim/Kaltara dengan korban meninggal dunia tertinggi. Dari korban tersebut hampir setengah mereka yang masih berusia muda atau pelajar.

Ada beberapa penyebab kecelakaan lalu lintas tersebut menurut Kasat lantas, diantaranya adalah mabuk-mabukan dalam menjalankan kendaraan, melawan arus lalu lintas, tidak menggunakan helm, berkendara sambil menelepon, kebut-kebutan dan lain-lain. Selanjutnya Beliau juga memperkenalkan sistem E-Tilang (Bukti Pelanggaran secara Elektronik) yakni apabila pihak kepolisian menemukan pelanggaran lalu lintas, maka polisi yang melakukan tilang mengirimkan kode tilang secara online ke BRI dan selanjutnya pelanggar lalu lintas diwajibkan membayar denda di BRI, setelah semuanya selesai maka pihak BRI mengirimkan bukti lunas kepada kepolisian dan selanjutnya barang bukti pelanggaran dikembalikan kepada pelanggar lalu lintas.

Kepala MAN Paser Suwito, S.Pd. MM mengapresiasi apa yang telah diamanatkan oleh Kasat Lantas Polres Paser kepada siswa dan siswi mengingat hampir semua siswa siswi MAN Paser menggunakan kendaraan roda dua. Kepala MAN Paser berharap agar siswa siswi MAN Paser senantiasa menjaga kemanan dan keselamatan dalam berkendara. (Doel)