Penmad Rakoor Persiapan Ujian Nasonal

Selasa, 13 Pebruari 2018 | 11:15       Dibaca 62 kali


Penajam Paser Utara (Inmas) - Dalam rangka kelancaran pelaksanaan ujian-ujian pada madrasah, MI, MTs dan MA tahun pelajaran 2017/2018 Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kab. Penajam Paser Utara melaksanakan rapat koordinasi bersama sejumlah madrasah diwilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Selasa (13/2) di aula Kemenag.

Kepala Kantor Kemenag H. Maslekhan dalam sambutannya yang disampaikan Kasubag TU H. Muzakir mengatakan pelaksanaan ujian nasional adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun.

Rakoor yang dilakukan ini adalah berguna untuk menyatukan persepsi untuk meminimalisir kesahalahan-kesalahan, dikarenakan setiap tahunnya peraturan berubah, "juknis ada kemungkinan setiap tahun berubah, dengan rakoor semacam ini adalah wadah kita untuk menyamakan pandangan", ucap Muzakir.

Selain itu yang terpenting, kegiatan ini untuk mempersiapkan siswa untuk berkompetensi didalam ujian nasional. Akhir dari kegitan ini kita semua berharap siswa yang berada di madrasah MI, MTs, dan MA dapat lulus semuanya, ungkap Kasubbag TU yang diamini seluruh peserta rakoor.

Sementara itu Kasi Penmad H. Muhtar B dalam kesempatan rakoor mengkroscek kembali siswa peserta ujian dimasing-masing madrasah. Pelaksanaan UN MTs dan MA mengacu pada POS UN yang dikeluarkan oleh BSNP. Pelaksanaan USBN MI, MTs, dan MA mengacu pada POS USBN yang dikeluarkan oleh BSNP.

Sebagaimana edaran Dirjen Pendis tentang pelaksanaan ujian-ujian pada MI, MTs, dan MA, kisi-kisi dan anchor soal USBN sebanyak 25 persen disiapkan oleh Kemendikbud. Selanjutnya dikirim kepengelola akun USBN Kanwil Provinsi untuk tingkat MA. Dan kepada pengelola akun USBN Kemenag Kab/Kota untuk tingkat MI, dan MTs.

Penyusunan naskah soal USBN 75 persen disusun oleh guru madrasah setelah indikator soalnya diselesaikan oleh KKG/MGMP sesuai dengan tingkatan satuan pendidikannya.

Perakitan soal USBN yang terdiri atas soal anchor 25 persen yang berasal dari pusat dan 75 persen soal yang dibuat oleh guru dilakukan oleh masing-masing madrasah. Pelaksanaan UAMBN MTs dan MA tahun 2017/2018 dengan dua moda yaitu UAMBN-BK dan UAMBN-KP.

Disamping melaksanakan tes tulis UAMBN-BK dan UAMBN-KP ditingkat MTs dan MA, masing-masing satuan pendidikan diwajibkan melaksanakan ujian praktek/ujian penugasan mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab, yang pelaksanaannya diatur oleh satuan pendidikan. Begitupun terhadap kisi-kisi tes praktek/penugasan PAI dan Bahasa Arab MTs dan MA.

Mata pelajaran yang telah diujikan pada tes tulis UAMBN MTs dan MA, tidak diujikan lagi pada tes tulis USBN di MTs dan MA. Pelaksanaan USBN berbasis komputer mempertimbangkan beberapa hal yakni, soaal USBN tetap harus meliputi bentuk soal pilihan ganda dan soal uraian, kesiapan infrastruktur, kesiapan aplikasi, dan kesiapan sumber daya. (basz)

 

 


Baca Juga

Selasa, 13 Pebruari 2018 | 11:15

Kepala MAN IC : Jadilah Generasi Ulul Albab


Selasa, 13 Pebruari 2018 | 11:15

Kemenag Paser Serahkan Blanko Ijasah ke Madrasah


Berita Terpopuler

Selasa, 14 Agustus 2018 | 12:11

Sang Hafizh Itu Jadi Ketua Osis MAN IC Paser


Kamis, 02 Agustus 2018 | 12:13

MTs N Samarinda Wakili Kaltim KSM Nasional 2018


Rabu, 01 Agustus 2018 | 05:57

H-7 CJH Paser Ikuti Praktek Manasik Haji Massal