MAN IC Paser Hadirkan Psikolog dari MAN IC Serpong

Selasa, 27 Pebruari 2018 | 13:09       Dibaca 120 kali


Paser (Inmas) - Dalam rangka mempersiapkan siswa kelas XII untuk memasuki perguruan tinggi, baik yang ada di dalam negeri maupun luar negeri, MAN Insan Cendekia Paser melaksanakan Bimbingan Karir Selama dua hari pada Jumat dan Sabtu, 23-24 Pebruari 2018 dengan menghadirkan instruktur Pakar Psikologi Pendidikan dan Bimbingan sekaligus Guru Senior Bimbingan dan Konseling MAN IC Serpong, Dra. Rini Kristiani. Acara tersebut bertajuk “Menuju Masa Depan Gemilang.”

Ketua Panitia Fazlena, S.Pd mengatakan kegiatan Bimbingan Karir dan Try Out SBMPTN 2018 bertujuan untuk menggiring para siswa agar dapat memahami bagaimana jalur masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang mereka inginkan. Selain itu untuk mengakomodasi kebutuhan informasi siswa serta menggiring mereka untuk mendapatkan beasiswa ke Luar Negeri dan Perguruan Tinggi Negeri Favorit yang ada di Indonesia antara lain UGM, UI, ITB, dan IPB. Selanjutnya, Fazlena yang juga Guru BK MAN IC Paser ini berharap agar para siswa tidak salah langkah menapak masa depan karena salah memilih jurusan.

Sementara itu, Psikolog MAN IC Serpong, Dra. Rini Kristiani menyampaikan materi dengan tema “Kemana Setelah SMA/MA?” Kepada para siswa, ia berpesan agar tidak bingung atau galau memilih jurusan di perguruan tinggi. Tips nya adalah memilih jurusan dengan enjoy dan bahagia serta sesuai dengan pelajaran atau bidang ilmu yang diminati serta berpeluang baik bagi masing-masing siswa. Kemudian Tips Siap menghadapi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri(UMPTN) antara lain; ikuti program superintensif, latihan soal UMPTN sesering dan sebanyak mungkin, jangan menunda untuk melengkapi pelajaran yang belum dikuasai, berbagi dengan teman untuk membahas soal-soal, cari tempat dan waktu efektif untuk belajar, siapkan mental dan berhusnuzhan(bersangka baik.red) kepada Allah.

Guru BK yang sudah mengabdi di MAN IC Serpong sejak 1997 ini juga berpesan agar sejak dini melakukan beberapa persiapan menghadapi seleksi masuk Perguruan Tinggi yaitu siap dana, siap akademik, siap teknik, dan siap mental. Selain itu, Alumni IKIP Bandung (sekarang UPI Bandung) yang sudah mengunjungi beberapa Negara antara lain Bangkok Thailand, Korea Selatan, dan Jepang ini pada hari kedua melakukan layanan konsultasi pribadi dengan memberikan informasi tentang beasiswa ke Negara Jepang, Timur Tengah, Korea dan negara-negara lainnya. Plus tips dan trik lulus IELTS, membuat essay dan interview.*(humasicpaser_ismail/i)