Serah Terima Master Soal USBN PAI SMP di Kemenag Bontang

Kamis, 01 Maret 2018 | 14:36       Dibaca 164 kali

Penyerahan master soal USBN PAI dari Kemenag kepada Dinas Pendidikan Kota Bontang

Bontang (Inmas)- Kembali Kementerian Agama Kota Bontang melalui Seksi Pendidikan Islam melakukan serah terima master soal USBN kepada Dinas Pendidikan. Sehari sebelumnya di Gedung Graha Praja Kepala Seksi Pendis, H Tasnim Muin sudah menyerahkan master soal USBN Mapel Pendidikan Agama Islam tingkat SD dan Mapel Pendidikan Agama Budha tingkat SD, SMP, SMA/SMK kepada Dinas Pendidikan melalui Kepala Bidang SD, H Sunarya.

Sesuai rencana maka pada Kamis (1/3) pagi tadi telah dilaksanakan penyerahan master soal Mapel PAI tingkat SMP yang diwakili oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Fahrurrahman kepada Kepala Seksi Kurikulum SMP, Safaruddin dengan disaksikan oleh Pengawas PAI Fungsional SMP, SMA/SMK, Hj Norhidayah dan Staf Penyusun Laporan Keuangan, Heny Dety Oroh. Penyerahannya sendiri dilakukan di ruang kerja Kepala Sub Bagian TU Kementerian Agama Kota Bontang Jalan Kapten Piere Tendean No 20B Bontang Kuala.

Penandatanganan Berita Acara pun dilakukan usai penyerahan master soal termasuk juga saksi-saksi sebagai bentuk laporan pertanggungjawaban. Selanjutnya akan menjadi tanggung jawab dari Dinas Pendidikan terhadap penggandaan dan pendistribusian soal ke sekolah maupun madrasah yang ada di Kota Bontang sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

Pengawas PAIF SMP, SMA/SMK Hj Norhidayah sedikit bercerita saat dirinya mengikuti Bimtek Penyusunan soal yang diselenggarakan oleh Kanwil Kemenag Provinsi Kaltim dimana tim penyusun benar-benar menjaga integritas kerahasiaan soal. "Masing-masing tim penyusun soal sesuasi tingkatannya tidak diijinkan membawa alat komunikasi dalam bentuk apapun termasuk Handphone saat menyusun soal. Soal yang sudah jadi langsung diberikan kepada pihak Kanwil sebelum diserahkan ke Kemenag kabupaten/kota," Ungkapnya.

Perwakilan Diknas, Saparuddin yang menerima soal juga menyanggupi akan menjaga kerahasiaan soal mulai dari penggandaan hingga pendistribusian nantinya. "Tentu kami juga tidak ingin jika sampai ada kebocoran soal kepada siswa. Sebelum pelaksanaan USBN nantinya kami akan menghimbau terlebih dahulu kepada masing-masing sekolah agar menyeragamkan jadwal ujian untuk meminimalisir terjadinya kebocoran soal," Ujarnya. (scl/ist)


Baca Juga

Kamis, 01 Maret 2018 | 14:36

Kemenag Pantau Pelaksanaan USBN SMA/SMK


Berita Terpopuler

Selasa, 04 September 2018 | 08:53

Jum’at Berkah MAN Balikpapan Peduli dan Berbagi


Kamis, 06 September 2018 | 08:14

Penyerahan SK Mutasi