Kemenag Distribusikan Kisi-Kisi Soal USBN PAI Ke Sekolah

Jumat, 02 Maret 2018 | 15:20       Dibaca 240 kali

Pengawas PAI Fungsional menyerahkan CD kisi-kisi soal USBN PAI kepada SMK Rigomasi dan SMK YKPP Bontang

Bontang (Inmas)- Kementerian Agama Kota Bontang melalui Pengawas Fungsional Pendidikan Agama Islam (PAI) Tingkat SMP, SMA dan SMK Hj Norhidayah, Jum'at (2/3) pagi tadi mulai mendistribusikan Kisi-Kisi Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Mata Pelajaran (MAPEL) PAI kepada beberapa sekolah di Kota Bontang.

Kisi-kisi soal berupa softcopy dalam bentuk Compact Disk (CD) tersebut diserahkan langsung kepada perwakilan sekolah. Dalam kunjungannya kali ini ada 3 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang mendapatkan kisi-kisi soal hari ini. Pertama adalah SMK Rigomasi di Jalan Ahmad Yani Kelurahan Api-Api. CD Kisi-kisi soal diterima langsung oleh Guru PAI, Sultan mewakili Kepala SMK.

Selanjutnya di SMK Maritim, CD Kisi-kisi soal diserahkan kepada Guru PAI Herti. Terakhir adalah SMK Yayasan Karya Pembangunan Pendidikan (YKPP). Pada sekolah yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Tanjung Laut tersebut, yang menerima secara langsung adalah Wakil Kepala Kurikulum Syahril, di ruang kerjanya. Master CD Kisi-kisi soal tersebut nantinya akan di serahkan kepada masing-masing guru PAI untuk disampaikan kepada siswa.

"Yang kami serahkan hanya kisi-kisinya saja karena soal yang sudah disusun oleh tim di Samarinda pada 6-9 Februari lalu, sudah diserahkan kepada Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim oleh Kanwil Kemenag. Susunannya sendiri nanti terdiri dari 40 soal pilihan ganda dan 5 essay. Ada 2 paket soal yang dibuat karena masih ada beberapa sekolah yang masih menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) selain Kurikulum Tahun 2013," Jelas Hj Norhidayah.

"Ada 18 orang yang masuk dalam tim penyusun dengan rincian 9 orang untuk SMK dan 9 orang untuk SMA. Tim ini sendiri terdiri dari perwakilan MGMP PAI masing-masing kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur kecuali Kabupaten Mahulu," Tambahnya. (scl/ist)