Ditjen PHU Gelar Kegiatan Jamarah

Jumat, 09 Maret 2018 | 23:25       Dibaca 65 kali


Jakarta (Inmas-Kwl) – Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah menggelar kegiatan talkshow Jamarah Jagong Masalah Umrah dan Haji dalam rangkaian Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Ancol Jakarta, (8/3) malam.

Salah satu narasumber pada kegiatan ini Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, yang diikuti para Kakanwil Kementerian Agama Provinsi dan Kabid Haji Kemenag Provinsi se-Indonesia.

Menag menyatakan ada dua tantangan Kemenag terkait penyelenggaraan haji tahun ini,  pertama adalah mempertahankan yang sudah baik selama ini dan tantangan kedua, adalah meningkatkan hal-hal yang masih belum dinilai baik.

Pelayanan yang dinilai masih belum baik agar ditingkatkan menjadi sesuatu yang memuaskan, tegasnya.

“Publik selalu menanyakan perubahan pelayanan haji tahun ini dengan tahun lalu. Apa yang meningkat? Pertanyaan-peratanyaan publik seperti itu yang perlu dijelaskan,” kata Menag.

Menag mencontohkan, seperti penyediaan makan bagi jemaah haji di Makkah tahun lalu sebanyak 25 kali, dan tahun ini 40 kali, ini sebuah perubahan yang sangat signifikan dalam pelayanan.

Diingatkan oleh Menag agar jajarannya lebih cermat dan teliti dalam melaksanakan pemvisaan jemaah haji yang sekarang sudah dilaksanakan di Kemenag.

Selain pelayanan, transportasi, katering, hotel dan lainnya, juga menjadi penting menyangkut pada layanan Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) yang bisa di komplain oleh jemaah haji, untuk itu perlu dilakukan seleksi TPHD oleh Kemenag pusat.

Menag meminta kepada seluruh Kakanwil Kemenag provinsi untuk dapat melakukan koordinasi dengan kepala daerah terkait regulasi seleksi TPHD.

Kakanwil Kemenag Kaltim Sofyan Noor, saat ditemui usai kegiatan, menyatakan akan melaksanakan arahan yang sudah disampaikan oleh Bapak Menteri Agama.

Untuk seleksi petugas, kita akan lakukan sesuai prosedur yang telah dibuat dan akan melaksanakan seleksi dengan sistem CAT yang telah dirancang oleh Ditjen PHU Kemenag.

Untuk TPHD akan dibicarakan lebih lanjut di daerah dan melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah.

Terkait pelaksaan operasional haji, di Kalimantan Timur selalu bersiap dan telah melakukan rapat koordinasi dengan para Kakankemenag Kabupaten / Kota untuk mempersiapkan segala sesuatunya pada musim haji tahun ini, pungkasnya.

Kakanwil hadir di damping Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Kaltim Abdul Khaliq yang lebih dulu mengikuti rangkaian Rakernas. (rd)