Kakanwil : Guru Harus Tingkatkan Kompentensi

Sabtu, 10 Maret 2018 | 12:51       Dibaca 33 kali


Sangatta (Inmas-Kwl) – Dalam mengurus dunia pendidikan kita semua harus berpikir jauh ke depan, apa yang kita rencanakan untuk masa depan siswa dan siswi kita, kemana nanti mereka akan melanjutkan sekolahnya, apa nanti pekerjaan yang akan mereka miliki.

Karenanya sebagai guru agama juga banyak peran dalam mengarahkan anak didik untuk memperoleh masa depan mereka yang cerah.

Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur Sofyan Noor pada kegiatan Pembinaan Guru Agama Katolik se Kabupaten Kutai Timur di Hotel Grand Victoria Sangatta (7/3).

Kakanwil berharap agar setiap guru harus meningkatkan kompetensinya, seperti kompetensi pedagogik, sosial, kepribadian dan professional. “ guru harus meningkatkan kompentensi “ ujarnya.

Guru harus dalam mengajar harus penuh dengan inovasi, kreasi, juga metode mengajar yang bagus, dengan memanfaatkan media, sehingga tidak membosankan bahkan untuk menarik siswa mengikuti pelajaran.

Selain itu yang terpenting ditekankan Kakanwil, guru harus mengembangkan komunikasi yang baik dengan siswa, orang tua siswa, stakeholder, juga sesame guru dengan tujuan untuk saling dapat berbagi pengetahuan untuk peningkatan kompetensi.

Kakanwil meminta, terutama guru agama agar dapat memberikan pengajaran tentang pentingnya toleransi sedini mungkin, juga belajar tentang harmonisasi di masyarakat, hal itu diperlukan untuk mereka saat ini dan ke depan hidup dalam sebuah komunitas.

Nampak hadir pada kegiatan ini, Pembimas Katolik Kanwil Kemenag Kaltim Longginus, Kepala Kemenag Kutai Timur Ambotang dan sejumlah pejabat eselon 4 pada Kankemenag Kutai Timur. (rd/MJ)