Siswi MAN Bontang Ikuti Asia Young Sociopreneurship Leader Exchange 2018

Senin, 12 Maret 2018 | 22:09       Dibaca 139 kali

Nisa foto bersama Kepala dan beberapa guru MAN Bontang

Bontang (Inmas)- Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bontang patut berbangga setelah salah satu siswinya terpilih sebagai delegasi untuk mengikuti ajang Asia Young Sociopreneurship Leader Exchange Tahun 2018. Suatu program yang diselenggarakan oleh Youth Center to Act for Nation (YOUCAN) Indonesia berfokus pada pemberdayaan pemimpin-pemimpin muda dan meningkatkan kesadaran di kalangan generasi muda pentingnya partisipasi mereka dalam kemajuan setiap bangsa.

Khaerunisa Nur Finanda Ahmad siswa kelas XI IPS 2 pun patut berbangga karena dirinya menjadi satunya pelajar dari Provinsi Kalimantan Timur yang menjadi delegasi dimana lainnya adalah mahasiswa dalam acara yang rencananya akan diselenggarakan di Negara Hongkong pada 14-18 Maret mendatang. Disana nantinya dirinya akan bersaing dengan delegasi dari negara lain untuk menjadi yang terbaik.

Kepala MAN Bontang, Hj Kamiyati, usai acara pelepasan siswanya tersebut Minggu (10/3) kemarin, sangat bangga dengan lolosnya salah siswinya dalam program tersebut. "Tentunya hal tersebut tidaklah mudah, mengingat banyaknya peserta lain yang mendaftar dari seluruh Indonesia. Mudah-mudahan melalui kegiatan ini nantinya akan membawa dampak positif bagi siswa MAN dan di Indonesia umumnya," Harapnya.

Sebagai delegasi Nisa bersama timnya sudah mempersiapkan sebuah proyek yaitu 'Bantal Edukasi'. Proyek tersebut memiliki konsep desain sarung bantal yang bertemakan tentang nilai-nilai budaya Indonesia yang jarang diketahui. Seperti huruf aksara suku-suku yang ada di Indonesia, jenis-jenis batik Indonesia, serta nama-nama pahlawan Indonesia.

Dalam program tersebut nantinya yang bisa didapatkan oleh para delegasi adalah meningkatkan kreatifitas individu dalam membuat ide bisnis sosial, pengembangan individu dalam keterampilan komunikasi, kepemimpinan, mengutarakan pendapat, dan kecerdasan budaya serta pengembangan kecerdasan dalam pemahaman cara kerja dan tujuan organisasi sosial. (scl/ist)