Siswa MAN IC Paser Boyong 4 Piala Dari Pekan Fisika KE 19 UNMUL

Selasa, 13 Maret 2018 | 07:53       Dibaca 333 kali


Paser (Inmas)- Pada tanggal 6 Maret 2018 yang lalu, Siswa MAN Insan Cendekia Paser kembali mengharumkan nama daerah Paser melalui ajang Lomba Pekan Fisika ke 19 yang diselenggarakan oleh Universitas Mulawarman Samarinda.

Ada tiga cabang lomba yang diperlombakan dalam event tersebut yakni Lomba Olimpiade (perorangan), Cerdas Cermat(Tim/Group), dan Mading 3 Dimensi Fisika (Tim/Group). Dari ketiga cabang lomba tersebut, siswa MAN IC Paser berhasil menjuarai dua cabang lomba. Yakni lomba Olimpiade dimenangkan oleh Bahrul Ilmi Mubarak dan lomba Mading 3 Dimensi diraih oleh Nur Amaliyah, Audi Raihana, dan Zahratunnisa.

Untuk lomba Olimpiade, menurut Pembina Olimpiade Fisika MAN IC Paser, Reni Afifah, S.Pd, diiikuti oleh lebih kurang 1000 peserta dari seluruh SMA/MA se Kaltim dan Kaltara. Alhamdulillah, pada lomba kali ini ada 6 siswa MAN IC Paser yang lolos ke babak semi final yaitu Bahrul Ilmi Mubarak, Nurcahyani Irawan, Fierda Heradi Kusuma, Ahmad Sovi Hidayat, Iftah Ikhfafah dan Mitha Indah Herlina. Pada tanggal 5 Maret seluruh peserta mengerjakan soal essay yang disediakan oleh Panitia. Setelah diumumkan, dari MAN IC Paser yang lolos ke babak final 10 besar adalah Bahrul Ilmi Mubarak dan Nurcahyani Irawan.

Esok harinya, tanggal 6 Maret 2018, 10 finalis kembali mengerjakan soal essay plus eksperimen. Kali ini, Siswa MAN IC Paser kembali berjaya yakni atas nama Bahrul Ilmi Mubarak berhasil menjadi JUARA 1 se Kaltim Kaltara. Yang membanggakan lagi, Bahrul Ilmi juga dinobatkan sebagai peserta terhebat, BEST ESSAY dan BEST EXPERIMEN.

Berikutnya untuk lomba Mading 3 Dimensi Sains dengan tema “Green Building Innovation With Skylight and Flow Water”, para peserta merakit mading dan presentasi menggunakan bahasa Inggris. Alhamdulillah, tim madding MAN IC Paser yang beraggotakan Nur Amaliyah, Audi Raihana dan Zahratunnisa juga berhasil menjadi JUARA 1 se Kaltim Kaltara. Sementara Juara 2 ditempati SMAN 3 Samarinda dan Juara 3 dari SMAN 10 Samarinda.

Atas prestasi ini, kepala MAN IC Paser, Khoirul Anam, M.Pd.I mengucapkan  syukur Alhamdulillah dan bangga kepada siswa dan Pembina Olimpiade Fisika MAN IC Paser.

Ucapan syukur yang sama juga diucapkan para orang tua melalui Group WA Orangtua Siswa MAN IC Paser. Antara lain:

“Alhamdulillah, Selamat anak-anakku, kalian telah mengharumkan nama MAN IC dan Kabupaten Paser.” (M. Yunus Syam, S.Pd, M.Pd.)

“Alhamdulillah Selamat buat MAN IC Paser dan anak-anak yang mengharumkan sekolah.” ( Hasanuddin Banawata)”

Alhamdulillah semoga tambah bersyukur dan giat menuntut ilmu.” (Bunda Sovi Hidayat)“

Alhamdulillah semoga menjadi motivasi bagi siswa siswi yang lain.” (Mama Cykita).*(ismail_humasicpaser)