Kemenag Pimpin Do'a Pembukaan Seleksi Paskibraka

Selasa, 13 Maret 2018 | 14:44       Dibaca 79 kali

Pembukaan Seleksi Calon Paskibraka di Gedung Graha Pemuda Bontang

Bontang (Inmas)- Seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kota Bontang Tahun 2018 telah dimulai. Pemerintah Kota Bontang melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar), Senin (12/3) kemarin menggelar acara pembukaan seleksi secara resmi di Gedung Graha Pemuda Jalan Jendral Ahmad Yani Kelurahan Tanjung Laut.

Dalam acara tersebut, Penyelenggara Syariah, H Yarkani, turut hadir mewakili Kepala Kankemenag Kota Bontang sekaligus memimpin pembacaan do'a pembukaan. Hadir pula Wakil Walikota Bontang Basri Rase, Wakil Ketua DPRD Faisal, Wakil Ketua Komisi II DPRD Arif, Forkopimda, Kepala OPD di Lingkungan Pemkot Bontang serta peserta seleksi yang berjumlah 296 siswa SLTA se-Kota Bontang.

Kepala Dispopar, Bambang Cipto Mulyono dalam laporannya bahwa proses seleksi tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dimana pemerintah memberikan wewenang kepada sekolah untuk mengirimkan siswa-siswi terbaiknya sebegai calon peserta. "Tahun ini ada masing-masing sekolah mengirimkan 15-20 siswanya untuk diseleksi. Namun setelah verifikasi hanya 82 siswa dan 89 siswi yang bisa melanjutkan seleksi. Nantinya seluruh peserta ini akan disaring dan dipilih sebagai anggota paskibraka yang handal dan mampu menjalankan tugasnya saat hari ulang tahun kemerdekaan RI mendatang," Jelasnya.

"Untuk menjadi anggota paskibraka, tentunya mereka harus mengikuti rangkaian proses seleksi yang panjang terlebih dahulu seperti tes pengetahuan umum, wawancara, parade, PBB, kesamaptaan, kesehatan dan pantukir. Selanjutnya bagi yang terpilih akan ditanamkan nilai-nilai kedisiplinan, nasionalisme dan patriotisme sehingga generasi muda mampu menerima estafet kepemimpinan," Tambahnya lagi.

Sementara itu Basri Rase menuturkan pesannya kepada Dispopar agar benar-benar selektif dalam proses penyeleksian calon anggota Paskibraka. "Saya berharap siswa-siswi Kota Bontang mampu mengharumkan nama Kota Taman dengan menjadi pengibar sang saka merah putih di tingkat provinsi bahkan nasional. Untuk itu kepada adik-adik semua, seriuslah dan persiapkan mental, fisik dan kesehatan selama mengikuti proses seleksi," Pesannya. (scl/ist)