Pemilihan KUA Teladan 2018, Kualitas Bagi Masyarakat

Senin, 02 April 2018 | 13:34       Dibaca 266 kali


Kutai Timur (Inmas). Memotivasi akan bentuk profesionalisme serta peningkatan pelayanan terhadap masyarakat, merupakan salah satu diadakannya penilaian KUA Teladan tahun 2018 untuk Tingkat Provinsi Kalimantan Timur tahun ini.

Hal ini diterangkan oleh Kepala Bidang Bimas Islam Kanwil Kementerian Agama Prov. Kalimantan Timur, H. A. Nabhan pada saat kunjungannya di KUA Kec. Sangatta Selatan untuk penilaian KUA Teladan tingkat Provinsi yang didampingi oleh Kepala Kantor Kemenag Kutai Timur, H. Ambotang pada Kamis (29/03).

“lebih lanjut, dalam penilaiannya ada beberapa komponen antara lain, Standar Pelayanan, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), dan Inovasi. Sedangkan Performa Kepala KUA nya sendiri untuk tahun 2018 kali ini ditiadakan, karena setiap orang yang mengajukan diri untuk menjadi Kepala KUA tentu harus diuji kompetensinya”.

“Selain itu, saat ini keterbukaan informasi publik terhadap pelayanan masyarakat terus berkembang. Tentu dibutuhkan kreatifitas serta inovasi dari para kepala KUA sebagai ujung tombak dari Kemenag di masyarakatnya”.

“Pelaksanaan penilaian KUA teladan untuk tahun 2018 secara nasional mulai dilaksanakan dari April hingga Juli mendatang. Di Mulai dari tingkat kabupaten/Kota kemudian dilanjutkan pada tingkat Provinsi. Adapun bobot penilaian pada komponen Standar Pelayanan sebesar 50%, IKM sebesar 30%, dan Inovasi sebesar 20%. Semoga KUA Kec. Sangatta Selatan yang sedang dilakukan penilaian ini dapat meraih juara pertama pada tingkat provinsi kemudian dapat mewakili Kalimantan Timur pada tingkat Nasional pada ajang yang sama”. Jelasnya. (fds)