FKUB Gelar Pertemuan Lintas Sektoral

Kamis, 26 April 2018 | 21:15       Dibaca 41 kali

Mendengarkan penjelasan dari KODIM 0908/BTG

Bontang (Inmas)- Sebagaimana hasil sebelumnya, Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bontang, Rabu (11/4) lalu, menggelar pertemuan lanjutan lintas sektoral dengan menghadirkan perwakilan dari KODIM 0908/BTG, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Badan Kesbangpol, Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana, Satpol PP, Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kecamatan Bontang Utara dan Kelurahan Bontang Baru.

Pertemuan lintas sektoral ini digelar sebagai lanjutan dari pembahasan pelaksanaan simulasi penanganan konflik komunal yang akan dilaksanakan oleh KODIM 0908/BTG. Dalam penjelasan yang disampaikan oleh Kapten Inf Alwie bahwa dalam Latihan Posko I waspada ke-56 tahun ini akan mengambil fokus pada konflik komunal.

"Kota Bontang akan menjadi yang pertama dinilai oleh tim dari KOREM 091/ASN. Perlu diketahui bahwa simulasi penanganan konflik yang akan dilaksanakan pada Rabu depan akan dilaksanakan sebagaimana keadaan sebenarnya. Untuk itu kepada Pengurus FKUB dan instansi terkait, diharapkan bisa turut hadir dan berperan serta dalam simulasi tersebut karena dibutuhkan keterlibatan seluruh tokoh agama dalam menangani konflik dengan isu agama," Jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua FKUB Kota Bontang, H Umar, menyatakan kesiapannya beserta anggota FKUB lainnya untuk turut serta dalam simulasi tersebut. "Saat pelaksanaan nanti kami akan usahakan mengirim wakil dari masing-masing agama untuk hadir dan mengikuti simulasi dari awal hingga akhir. Sebagai anggota FKUB tentu harus siap jika terjadi konflik dengan isu agama," Sebutnya.

Senada dengan Ketua FKUB, Kepala BPBD Kota Bontang, H Ahmad Yani juga menyatakan kesiapannya untuk ikut serta dalam simulasi. Namun dirinya menegaskan perlunya menetapkan garis komando yang jelas dalam simulasi agar koordinasi dan komunikasi bisa berjalan. Begitu juga dengan Kepala Dinsos-P3M, H Abdu Safa Muha, dan perwakilan dari Dinkes-KB menyatakan siap jika dibutuhkan dalam simulasi nantinya.

Latihan Posko I Waspada ke-56 nantinya direncanakan akan berlangsung selama 2 hari yang dipusatkan di Markas KODIM 0908/BTG Jalan Awang Long Kelurahan Bontang Baru. Diharapkan saat pelaksanaan nanti seluruh yang terlibat bisa bekerjasama dengan baik mengingat daerah kabupaten/kota yang memiliki nilai tertinggi akan mewakili Provinsi Kaltim di tingkat nasional. (scl/ist)