Kemenag dan FKUB Ikuti Latihan Posko Penyelesaian Konflik Komunal

Kamis, 26 April 2018 | 21:30       Dibaca 50 kali

Penyelenggara Syariah mengikuti acara pembukaan

Bontang (Inmas)- Sebagai langkah awal dalam mencegah jika terjadi konflik komunal di Kota Bontang, Rabu (18/4) lalu, KODIM 0908/BTG menggelar Latihan Posko I Waspada ke-56 dengan tema 'KODIM Melaksanakan Tugas Bantuan Kepada Pemerintah Daerah Dalam Rangka Penyelesaian Konflik Komunal di Daerah'.

Kegiatan yang dipusatkan di Lamin Makodim 0908/BTG, Jalan Awang Long, Bontang Baru tersebut dihadiri oleh Walikota Bontang, Hj Neni Moerniaeni, Kepala Staf Korem (Kasrem) 091/ASN Kolonel Inf Frenki Riupasa, Kasi Intel Korem 091/ASN Kolonel Inf Prio Eko Widodo, Kasi Ops Korem 091/ASN Kolonel Inf Eben Lumban Tobing, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Ketua DPRD Nursalam, perwakilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), perwakilan perusahaan, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) H Umar, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat di Bontang.

"Mewakili Pemkot, saya bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada pihak Kodim yang sudah menyelenggarakan kegiatan latihan penyelesaian konflik komunal ini. Kota Bontang seperti yang kita ketahui memiliki masyarakat yang heterogen terdiri dari berbagai suku dan budaya, tentu rawan akan terjadinya konflik komunal. Mudah-mudahan melalui latihan ini bisa meminimalisir dan mengantisipasi mulai dini, sehingga konflik komunal tersebut tidak sampai terjadi," Ujar Neni dalam sambutannya.

Mengingat Bontang memiliki dua objek vital nasional yakni PT. Badak dan PT. Pupuk Kaltim, perlu kewaspadaan yang tinggi agar kejadian yang membahayakan bisa dicegah sejak dini. Masyarakat Kaltim sebentar lagi juga akan menghadapi Pemilihan Gubernur, tentu diharapkan latihan ini juga bisa sekaligus menjadi antisipasi terjadinya berbagai konflik agar keamanan dan kondusifitas yang sudah ada bisa tetap terjaga. (scl/ist)