Kakanwil; Al Quran Sebagai Ruh Aktifitas Sehari-Hari

Minggu, 06 Mei 2018 | 14:16       Dibaca 44 kali


Berau (inmas – kwl). Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur Sofyan Noor berharap menjadikan Al Quran sebagai ruh dalam menjalani segala aktifitas sehari-hari. Itu disampaikan pada saat meberikan sambutan di acara Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang ke 40 di Masjid Baitul Hikmah Kabupaten Berau, Kamis (4/5).

Diharapkan, tambah Bapak Sofyan, Al Quran menyatu dalam gerak langkah denyut nadi, membumi dalam hati, akal, pikiran, jiwa, perasaan dan perilaku, bahkan seharusnya totalitas kita sehari-hari.

“Jadikan Al Quran sebagai pijakan dan rujukan yang sudah pasti kebenarannya untuk mencapai kesejahteraan, kebahagiaan dan keselamatan dunia dan akhirat,” pintanya.

Ia mengingatkan demikian karena melihat al Quran masih dilangit. Al Quran hanya dijadikan sebagai hiasan di ruang tamu di letakkan di lemari kaca yang tak tersentuh atau dibingkai menjadi hiasan kaligrafi di dinding-dinding rumah tanpa tahu maknanya apalagi mengamalkannya.

Mengutip pendapat Qurais Shihab, al Quran sebagai rambu-rambu lalu lintas yang demikian indah. Sehingga yang seharusnya menjadi tanda yang menunjuk ke arah yang di tuju dan petunjuk jalan, tetapi malah terpukau dan terpaku ditempatnya.

Senada dengan Bapak Sofyan Noor, apa yang disampaikan Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Dr. Hj. Meiliana yang mengharapkan momentum MTQ dapat membawa manfaat bagi masyarakat Kabupaten Berau dengan al Quran dalam kehidupn sehari-hari.

Karenanya, Ibu Meiliana mengajak internal Pemerinta Provinsi Kalimantan Timur untuk menggerakkan budaya mengaji anatar 5 sampai 10 menit sebelum aktivits kerja. Dengan demikian “kami yakin Kalimantan Timur akan mendapatkan keberkahan yang luar biasa,” ucapnya.

Tidak lupa Ibu Meiliana yang mewakili Gubernur Kaltim menyampaikan selamat bermusabaqah kepada seluruh peserta. Diharapkan para peserta dapat termotivasi dengan prestasi para seniornya yang bisa mencapai peringkat nasional bahkan internasional.

Berdasarkan laporan Bupati Muharram, adapun peserta MTQ Kaltim XL terdiri dari 10 kafilah kabupaten dan kota se Kaltim. Mereka akan bertanding selama 5 hari, sejak tanggal 5 – 10 Mei. Yang ditempatkan di beberapa arena di Tanjung Redeb Berau. (sim).