Wisuda MIN 1 Balikpapan, Kukuhkan Penghafal al Quran Juz 30

Kamis, 10 Mei 2018 | 09:39       Dibaca 197 kali


Balikpapan (MIN 1). Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Balikpapan gelar Wisuda Siswa Tahun Pelajaran 2017-2018 dan Kukuhkan 15 Orang Siswi Tahfidz Juz 30, Rabu (9/5). Acara yang mengusung tema “Bersama MIN 1 Balikpapan, Mari Sukseskan Madrasah Hebat Bermartabat” tersebut dihadiri Kasubag Tata Usaha, Kasi Pendidikan Madrasah, Sekretaris Lurah Manggar Baru, Pengawas Madrasah, Kepala Sekolah Dasar sekitar, Ketua dan Pengurus Yayasan Syamsul Maarif serta tokoh masyarakat di Balikpapan Timur.

Tampak madrasah dipadati wali murid dan tamu undangan yang igin menyaksikan prosesi wisuda. Terlihat pula, para pelajar memakai seragam toga wisuda dari kelas 6 a, b dan 6 c.

Menurut Kepala MIN 1 Balikpapan Agus Hardyanto, Wisuda tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Pada tahun ini, MIN 1 Balikpapan mewisuda 78 orang siswa-siswi dan 15 orang di antaranya dinyatakan selesai hafalan Juz 30. “Perjuangan dan usaha yang maksimal alhamdulillah telah membuahkan hasil yang maksimal pula, dengan harapan semoga kelak para wisudawan wisudawati ini dapat diterima di sekolah unggulan sesuai harapan mereka dan para orang tua,” ungkapnya.

Dijelaskan Agus, sebelumnya mereka telah melewati serangkaian setoran hafalan Tahfidz, yang diuji dan disima’ oleh guru pembimbing Ust. Abd. Halim. Setoran hafalan berlangsung sejak bulan September 2017 sampai dengan 31 Maret 2018 lalu. Terdiri dari proses tahsin dan murojaah, baik yang dilaksanakan dengan individu maupun berkolaborasi dengan metode one person one ayat.

Sebagai satu-satunya Madrasah Negeri di Balikpapan, MIN 1 perkembangannya kian pesat dan menjadi impian orang tua memasukkan putra-putrinya ke madrasah ini.

Jumlah rombel (rombel) awalnya 6 rombel dengan jumlah 100 orang, dan saat ini sudah berjumlah 23 rombel yang jumlah muridnya kurang lebih 800 orang.

Sementara itu, Kasubag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan HM. Izzat Solihin, M. Pd mengatakan, belajar di madrasah menyeimbangakan otak kanan dan otak kiri, membaca materi exact dari kiri ke kanan itu tandanya melatih otak kanan sementara membaca al quran dari kanan ke kiri merupakan proses menggunakan otak kanan.

Lebih lanjut Izzat menegaskan, momentum luar biasa ini diharapkan menjadi pemacu semangat orang tua dan masyarakat di sekitar MIN 1 Balikpapan, MIN 1 Balikpapan insyaAllah menjadi wadah menjanjikan dalam rangka menyiapkan generasi yang qurani.

Kemeterian Agama sangat komit untuk memajukan pendidikan bagi anak-anak Madrasah. Sesuai dengan visi MIN 1 Balikpapan terwujudnya warga Madrasah yang beriman berilmu dan berakhlaq mulia dan peduli lingkungan.

Pembimbing program tahfidz juga berharap, menjadi penghafal Al Quran dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan menjadikannya sebagai pedoman hidup, senantiasa mendapat hidayah dan dianugreahi Allah kemudahan untuk hafal al Quran hingga 30 juz dan anak keturunannya menjadi generasi yang qurani. Semoga di masa depan, madrasah ini muncul ulama-ulama besar penghafal dan penafsir alqur’an, aamiin yaa Robbal aalamiin.(abykembar25@gmail.com)