Kemenag Paser Laksanakan Rukyatul Hilal Awal Ramadhan

Selasa, 15 Mei 2018 | 21:21       Dibaca 43 kali

Tim Rukyatul Hilal Kemenag Paser (foto:LF)

Paser (Inmas) - Kantor Kementerian Agama Kab. Paser melalui Penyelenggara Syariah melaksanakan kegiatan Rukyatul Hilal, Selasa (15/5) sore, di Area Stadion Sepak Bola Sadurengas Desa Tapis Kec. Tanah Grogot, dengan titik koordinat yang berada antara -10 54’ 00” LS dan 1160 11’ 00” BT.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh tim rukyatul hilal yang terdiri dari unsur Kemenag Paser, Penyelenggara Syariah, Nahdatul Ulama Kab. Paser, Muhammadiyah Kab. Paser, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Tokoh Agama, dan Masyarakat. 

Dalam pelaksanaannya, Ketua Tim Rukyatul Hilal, Muhammad Syahrul menjelaskan “bahwa berdasarkan perhitungan hisab, Tinggi hilal hakiki berada di -000 22’ 27” dan tinggi hilal mar’i -000 31’ 18”. sehingga awal Ramadhan jatuh pada lusa, yaitu pada hari Kamis, 17 Mei 2018. Dalam pengamatan hilal kali ini tidak  terlihat karena masih berada dibawah ufuk

Kasubbag TU, H. Nasruddin mengharapkan kegiatan rukyatul hilal ini dapat berjalan dengan lancar dan berpesan kepada masyarakat Kabupaten Paser untuk dapat meningkatkan ibadah di bulan Ramadhan. Bulan yang sangat mulia ini jangan sampai kita lewatkan begitu saja tanpa diisi dengan kegiatan ibadah kepada Allah SWT. Karna dengan beribadah itu adalah merupakan hakikat kehidupan yang sebenarnya. Jelasnya.   

Beliau juga menambahkan bahwa untuk keputusan awal ramadhan nantinya masih menunggu sidang isbat malam ini dari Kementerian Agama RI yang akan diumumkan langsung oleh Bapak Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin berdasarkan pantauan dan laporan langsung dari seluruh titik lokasi pengamatan hilal yang berada di wilayah Indonesia. (LF/sm)