Calhaj Kubar 1439 H Terima Vaksin Meningitis

Rabu, 16 Mei 2018 | 09:02       Dibaca 42 kali

Calon jamaah haji Kubar sedang menngantri untuk mendapatkan vaksin meningitis dari Dinkes Kubar

Kutai Barat (Inmas)- 85 calon Jemaah haji  kabupaten Kutai Barat tahun 1439 H/2018 M terima vaksin meningitis yang di berikan tim kesehatan Dinkes Kubar (14/5). Kegiatan di pusatkan di gedung pelayanan kesehatan masjid Al Muttain Islamic Center Kutai Barat, dimana pemberian vaksin ini di tinjau langung oleh KKP Kalimantan Timur.

Vaksin meningitis sudah menjadi syarat wajib yang harus di terima seluruh jamaah haji yang akan berangkat ke tanah suci. Hal ini dilakukan untuk mencegah tertularnya jenis penyakit yang menyerang selaput otak manusia saat jamaah berada di Arab Saudi.

Beruntung seluruh calon jamaah haji Kubar mengindahkan kebijakan pemerintah ini dan rela untuk mengikutinya. Terkecuali terdapat beberapa orang saja  yang tidak hadir, terkendala teknis menuju pusat kegiatan. Kendati demikian staf PHU kantor Kemenag Kubar Muhammad Rapik, S.HI menjelaskan, bagi mereka yang belum menerima vaksin diwajibkan melakukannya saat manasik haji kabupaten yang sebentar lagi dilaksanakan, terang beliau.

Sesuai penjelasan yang di berikan ketua tim kesehatan haji Kubar Dr. Waluyo  saat tes kesehatan calon jamaah haji di hari sebelumnya,  menyakit meningitis amatlah berbahaya apabila lambat penanganan. Jenis penyakit ini  gampang sekali menular melalui media udara. Dinkes Kubar tidak mau kecolongan dalam hal ini, mulai pemberangkatan hingga kepulangan, jamaah akan selalu di pantau kesehatannya, terang beliau.

Sebelum diberikan vaksin meningitis, terlebih dahulu calon jamaah haji mendapatkan pemeriksaan tekanan darah. Terlebih bagi calon jamaah wanita yang masih dalam masa produktif, tim kesehatan harus melakukan tes kehamilan. Jangan sampai ada indikasi di temukan kasus ini, karena vaksin yang terlanjur di berikan pada ibu hamil berbahaya bagi janin yang di kandungnya. (ed)


Baca Juga

Berita Terpopuler

Selasa, 04 September 2018 | 08:53

Jum’at Berkah MAN Balikpapan Peduli dan Berbagi


Kamis, 06 September 2018 | 08:14

Penyerahan SK Mutasi