Kakanwil; Pengembangan Tilawah Tidak Hanya di MTQ

Rabu, 16 Mei 2018 | 13:38       Dibaca 35 kali


Berau (inmas – kwl). Kakanwil Sofyan Noor berharap pengembangan tilawah, hafalan, tafsir, dan pendalaman isi kandungan al Quran tidak berhenti hanya sampai di event Musabaqah Tilawatil Quran. Itu disampaikannya saat memberikan sambutan pada acara penutupan MTQ Kaltim di Kabupaten Berau, Rabu (10/5).

Tetapi terus diupayakan secara terus menerus dan berkesinambungan untuk menjaga kelestarian Al Quran, tambah Bapak Sofyan.

“Sebagaimana Allah SWT berfirman; Inna nahnu nazzalna dzikra wa inna lahu lahaafidhuun. Yang artinya Sesungguhnya kami yang menurunkan al Qur'an maka kami pula yang akan menjaganya,” kata Bapak Sofyan Noor mengutip ayat al Quran.

Bapak Sofyan juga mengutip keterangan tafsir Al Mawardi yang menjelaskan tentang kata penjagaan dalam ayat tersebut mengandung tiga makna. Pertama; Kami Allah menjaga al Quran sampai hari kiamat. Kedua; Kami menjaga Al Quran dari syaithan yang ingin menambah kebatilan atau menghilangkan kebenaran. Ketiga; Menjaganya daripada hati orang yang mengingnkan kebaikan dan menghilangkan dari orang yang iingin kejelekan.

Karenanya, ia meminta perhatian dan tanggung jawab seluruh komponen umat Islam, agar pasca penyelenggaraan MTQ memberikan manfaat dan pengaruh positif bagi pembinaan kehidupan keagamaan masyarakat di Kalimantan Timur. Sebagai manifestasi dari upaya menjaga al Quran.

Juga sangat diharapkan peran qori dan qoriah di masyarakat, sehingga al Quran betul-betul membumi diseluruh penjuru Kalimantan Timur provinsi yang kita cintai ini.

Senada dengan Kakanwil, yaitu sambutan Gubernur Kaltim yang dibacakan Asisten I Pemprov. Kaltim, bahwa MTQ bukan hanya untuk penampilan yang terbaik. Tetapi menjadi pembuka memahami dan mendalami nilai-nilai al Quran khususnya bagi masyarakat Berau.

Sementara, sebelumnya Bupati Berau Muharram menyampaikan terimakasih atas segala bentuk partisipasi semua pihak sehingga acara MTQ Kaltim 40 berjalan lancar. (sim).


Baca Juga

Rabu, 16 Mei 2018 | 13:38

Kakanwil Hadiri Rakornas BPJPH


Berita Terpopuler

Jumat, 02 November 2018 | 09:43

Karyawan/Karyawati Laksanakan Senam Bersama