Selasa; Tinggi Hilal di Samarinda Minus 1 Derajat

Kamis, 17 Mei 2018 | 14:14       Dibaca 19 kali


Samarinda (inmas-kwl). Penetapan 1 Romadhan 1439 H, diperkirakan pada hari Kamis; 17 Mei 2018. Itu diputuskan setelah sejumlah pegawai Kanwil Kementerian Agama Prov. Kaltim dan Kantor Kemenag Kota Samarinda bersama sejumlah utusan ormas Islam dan IAIN Samarinda melakukan rukyatu hilal di Hotel Selyca Jalan Bhayangkara kota Samarinda, Selasa (15/5).

Perhitungan BMKG Kota Samarinda yang menerangkan bahwa pada Hari Selasa; 15Mei 2018, masuk waktu maghrib tinggi hilal diperkirakan -1 derajat.

“Untuk besok Hari Rabu; 16 Mei 2018, pada waktu maghrib tinggi hilal sudah 11 derajat,” jelas Pegawai BMKG Kota Samarinda.

Kakanwil Bapak Sofyan Noor, berharap upaya rukya dan hisab tidak dipertentangkan. Menurutnya, kedua metode itu sama-sama benar. “Nanti kalau sama antara rukya dan hisab yang disyukuri,” pintanya.

Kita melaksanakan rukya, lanjut Bapak Sofyan, sebagai bagian dari bentuk ibadah. Karena atas dasar perintah hadits nabi, berpuasalah karena melihat bulan dan berhari rayalah karena melihat bulan.

Dan apapun hasilnya nanti akan kita laporkan ke Kementerian Agama RI sebagai bahan untuk sidang itsbat penentuan ketetapan 1 Romadhan 1439 H.

Hadir pada kegaiatan rukyat tersebut, selain dari Kementerian Agama Provinsi dan Kota, terdapat juga unsur IAIN Samarinda, MUI Kaltim dan Samarinda, ormas NU, Muhammadiyah dan sejumlah tokoh agama. (sim).