Kakanwil : Perlu Revitalisasi Tradisi Lokal

Kamis, 17 Mei 2018 | 16:51       Dibaca 43 kali

Kakanwil Kemenag Kaltim Sofyan Noor

Bontang (Inmas-kwl) – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur Sofyan Noor meminta agar kita semua dapat menerima semua perbedaan dengan ikhlas, baik suku, bahasa maupun agama. Orang memeluk suatu agama bagi muslim adalah sebuah hidayah yang diberikan tuhan kepada umatnya.

Hal ini disampaikannya saat menjadi narasumber kegiatan Penguatan Kapasitas Penyuluh Agama Dalam Menghadapi Radikalisme yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Nasional di Hotel Bintang Sintuk, Kamis (17/5).

Kakanwil berharap agar disetiap daerah dapat merevitalisasi tradisi lokal yang mulai meredup, dapat kembali dihidupkan lembaga adat, lembaga masyarakat maupun ritual lokal dan seni, dengan tradisi lokal, rasa persatuan dan kesatuan sebagai warga akan lebih dirasakan, “revitalisasi tradisi lokal” benar-benar perlu dilakukan, tegasnya.

Jika melihat filosofi rumah lamin yang menjadi bangunan khas warga Kaltim yaitu kebersamaan, kekeluargaan dan kekuatan, juga warna kuning sebagai lambing kewibawaan, merah menunjukan keberanian dan biru bermakna kesetiaan.

Karenanya kearifan lokal yang ada di daerah kita, agar dapat dibuat lebih terasa sebagai wahana pemersatu umat disetiap daerah, pinta Kakanwil.

Kepada para penyuluh agama Kakanwil meminta agar dapat menyampaikan ajaran agama yang benar, jadilah seorang yang dapat membuat rasa sejuk ditengah masyarakat di wilayah masing-masing.

Selain itu juga diharapkan untuk dapat menyampaikan betapa pentingnya rasa toleransi, menjadi orang yang pemaaf antar sesama, saling bantu membantu dan hal positif lainnya, tambahnya.

Dalam perbedaan perlu adanya dialog antar umat beragama, saling mempelajari perbandingan agama, perbandingan dimaksud bukan ritual ibadah yang sudah tentu berbeda, tetapi hal-hal kemasyarakatan dan hal-hal sosial itu perlu juga diketahui, terang mantan Kepala Biro IAIN Antasari Banjarmasin.

Hadir pada kegiatan ini Wakil Walikota Bontang Basri Rase, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Bontang, Ketua FKPT Kaltim Hasyim Miraje, Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Kaltim Nabhan, Kakankemenag Bontang Sulaiman.

Peserta pada kegiatan ini adalah para penyuluh agama se kota Bontang dan sekitar wilayah Kutai Timur dan Kutai Kartanegara. (rd)