Kakanwil Buka Sosialisasi Kurikulum Guru Sekolah Minggu Buddha

Kamis, 24 Mei 2018 | 20:58       Dibaca 37 kali

Sambutan Kakanwil Kemenag Kaltim Sofyan Noor

Balikpapan (Inmas-Kwl) – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur Sofyan Noor membuka kegiatan Sosialisasi Kurikulum Sekolah Minggu Buddha se Kalimantan Timur Tahun 2018 di hotel Platinum Balikpapan (23/5).

Kakanwil dalam sambutannya menilai kegiatan ini penting sebagai dasar dalam kita melaksanakan sistem pembelajaran kepada siswa, dan hendaknya mematuhi ketentuan yang berlaku, karena ketentuan itu sudah disesuaikan dengan kebutuhan dalam pengelolaan pendidikan.

Dalam mempersiapkan generasi yang aka n datang peran guru sangat penting, perkembangan zaman yang kita rasakan menuntut untuk guru dapat menyesuaikan diri dengan berupaya meningkatkan kompetensi masing-masing, tegas Kakanwil.

Melihat kondisi demikian, Kakanwil meminta para guru sekolah minggu Buddha agar dapat membentengi siswa dengan ilmu agama yang baik, dengan mengajarakan ajaran agama secara komprehenship dan totalitas yang tinggi, jangan mengajarkan ilmu agama setengah-setengah.

Juga yang penting adalah mengajarkan pada siswa tentang pentingnya memelihara dan meningkatkan kualitas kerukunan antar umat beragama, karena ini merupakan bagian pondasi kekuatan bangsa dan negara.

Kakanwil juga mengharapkan kaitannya dengan bangsa dan negara, maka sangat perlu siswa diajarkan tentang wawasan kebangsaan, kecintaan kepada tanah air dalam menjaga dan merawat sebuah bangsa.

Hal terpenting lainnya adalah bagaimana membentuk karakter siswa, menjadikan siswa orang yang baik hati, mempunyai pikiran yang baik, memiliki sopan santun, saling menyayangi kepada sesama, saling menghargai dan menjunjung toleransi, pinta Kakanwil.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 30 orang peserta, Kakanwil didampingi Pembimas Buddha Maryono dan Tokoh Agama Buddha Balikpapan Charles. (rd)